SUARA USU
Kabar Kampus

Mahasiswa FH USU Raih Juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, Good Teamwork Rahasianya!

Oleh: Puvut Bethanya Surbakti

Suara USU,Medan. Mahasiswa FH USU kembali berhasil torehkan prestasi mengharumkan nama universitas dengan menyabet Juara III KARISMA : Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa dan Mahasiswa Tingkat Nasional 2021 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejarah Universitas Pendidikan Ganesha, dengan tema “Pentingnya Pendidikan Berkarakter Guna Menghasilkan Generasi Emas Di Tahun 2045”.

3 Mahasiswa tersebut adalah Tamara Natasya Lubis (Hukum 2020), Margaretha Selia (Hukum 2020), Aprianti Laras Putri (Hukum 2020) berhasil juga meraih Juara Favorit pada perlombaan ini. Kabar bahagia ini diumumkan via Zoom, pada Jumat, (12/11).

Tamara menjelaskan mengapa mereka memutuskan untuk mengikuti perlombaan tersebut dan persiapan mereka saat mengikuti lomba.

“Awalnya kami disuruh dosen biar ada pengalaman menulis, terus yasudah akhirnya kami daftar. Jadi kami murni dalam dua hari daftar, menulis dan mengumpul esainya. Disitu dibilang dosen, sorenya langsung kami daftar, besoknya baru kami kerjain dan kumpul,”jelasnya.

Sangat mengesankan saat mereka mengatakan bahwa pengerjaan esai tersebut hanya dalam dua hari. Ditambah lagi, mahasiswa Fakultas Hukum ini bercerita bahwa di tahap pertama, esai mereka keluar menduduki posisi pertama terbaik dari peserta lainnya.

“Setelah kami mengumpulkan esai, beberapa hari kemudian diumumkan kalau esai kami berada di posisi pertama terbaik dari peserta lainnya.Setelah itu ada tahap presentasi esai dimana disaksikan langsung sama juri, ada tanya jawab sama juri juga dan puji Tuhan presentasi kami lancar dan kami dapat juara 3,” ungkap Margaretha.

Setelah bercerita lebih panjang, ternyata ada satu hal yang membuat mereka berhasil membawa kemenangan meski perlombaan ini hanya mereka persiapkan kurang lebih dua hari, yaitu kerja sama tim yang baik. Tamara bercerita bagaimana mereka membagi tugas dengan baik saat bekerja di tengah-tengah waktu yang begitu terburu-buru.

“Jadi karna waktunya singkat hanya 2 hari saja, kami membentuk tim itu siang setelah selesai kelas. Kemudian kami buat tenggat kalau di malam hari urusan pendaftaran itu udah harus selesai, itu diurus sama Margareth. Di hari itu juga judul udah kutentukan, jadi Aprianti yg mencari materi sesuai judul yang kami angkat,” tuturnya.

Selain kerja sama tim yang baik, tekad yang kuat juga menjadi faktor pendukung kemenangan mereka pada perlombaan ini, kami kemarin bertekad ,kalau sudah sejauh ini skor pun dapat yang paling tinggi, minimal juara favoritlah di tangan,” tambah Aprianti

Mahasiswa semester 3 ini memberikan sedikit tips bagaimana kerja sama tim yang baik dan motivasi untuk bisa menjuarai perlombaan esai.

“Tim yang baik bukanlah tim yang punya kemampuan yang sama, tetapi harus bisa saling melengkapi.Tidak ada pendapat kami yang berbeda karena tidak akan sempat lagi untuk berkelahi,” jelas Tamara.

“Tipsnya kalau mau ikut lomba jangan tanggung-tanggung,usahakan sampe batas terakhir kemampuan mu,” tambah Margaretha.

“Harus percaya diri dan jangan lupa untuk berdoa biar berhasil terus tetap berkarya sebagai anak muda,” tutup Aprianti.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

UKM Betako MP USU: Rekrutmen Terbuka Sampai Batas Waktu yang Tidak Ditentukan

redaksi

USU Gelar Talkshow Seputar PIMNAS dan Pameran Poster Terbuka

redaksi

W(e)volve 2.0 Healty Society for Healty Humanity

redaksi