SUARA USU
Kabar Kampus

MDC FH USU Raih Juara 1 Debat Hukum Pancasila, Pahami Mosi Sampai Tuntas!

Reporter: Inneke Kiki Rizki

Suara USU, Medan. Perwakilan Meriam Debating Club (MDC) Fakultas Hukum USU, Habiba Wahyu Widayani Sirait dari (2020), Kemi Suranta Tarigan dari (2020), dan Qasfi Radifan Amran Harahap (2021) kembali menuai prestasi sebagai Juara I dan best speaker pada Kompetisi Debat Hukum Pancasila pada Minggu, (25/09) di Universitas Pancasila.

Kompetisi debat ini diikuti oleh 24 Universitas di seluruh Indonesia, diantaranya adalah USU. Tahapan kompetisi ini dimulai dari babak penyisihan yang dilaksanakan secara online pada tanggal 3-11 September, kemudian semifinal dan final dilakukan secara offline di Jakarta pada tanggal 24 dan 25 September 2022.

Habiba mengungkapkan bahwa untuk persiapan kompetisi debat ini memakan waktu dua bulan. Persiapan tersebut adalah riset mosi, public speaking yang baik saat debat, dan juga diskusi. Habiba juga menjelaskan  bahwa beberapa kali ia dan tim melakukan latihan debat dengan anggota MDC.

Habiba juga mengungkapkan ini kali pertamanya mengikuti lomba debat sebagai delegasi dari MDC FH USU, “Wah, rasanya pasti seneng dan bersyukur baget ya, di perlombaan pertama langsung dapat kesan yang baik dapet juara 1 dan best speaker pula dan tentunya ini jadi penyemangat juga buat aku kedepannya untuk terus belajar lagi biar bisa ikut dan menang lagi”.

Disisi lain, Kemi yang sebelumnya sudah pernah menjuarai lomba debat memberikan tips dan triknya saat mengikuti perlombaan debat. Ketika mengkuti lomba debat, kita harus memahami sistem dari perdebatan dalam kompetisi debat yang diikuti. Kemudian, mencari cara untuk membangun chemistry yang baik dalam satu tim. Kemi juga menegaskan bahwa kita harus memahami mosi secara luas dan tuntas agak dapat memaparkan argumen kita dan mematahkan argumen lawan.

“Mungkin untuk teman-teman mahasiswa/i USU, mari semangat meraih cita dengan giat belajar dan turut ikut berkompetisi dibidang keahlian kita masing-masing. Selain untuk bekal masa depan kegiatan seperti ini juga akan menjadi salah satu kebanggaan bagi kita dan daya semangat untuk lebih maju lagi. Semangat!”. Tutup Kemi.

Redaktur : Valeshia Trevana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Duta SDGs USU Sukses Berprestasi di ASEAN Intervarsity Youth Competition 2024

redaksi

Dari Staff Hingga Sekretaris Jendral, 63 Pengurus PEMA USU Direshuffle

redaksi

Mengusung Tema Gelorakan Cinta Budaya Nusantara, Summer Organizer Sukses Selenggarakan Event Pesona Nusantara Sekota Medan

redaksi