SUARA USU
Kabar Kampus

Memperkuat Kerja Sama Antarnegara, Duta Besar Kanada Hadiri Kuliah Umum di USU

Reporter: Vimelia Hutapea

Suara USU, Medan. Direktorat Internasional dan Kemitraan Global (DIKG) Universitas Sumatera Utara (USU) bersama Indonesian Youth Diplomacy (IYD) Sumatera Utara, menggelar kuliah umum dengan menghadirkan Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste pada Rabu (12/6). Berlangsung di Lt. 8 Gedung Digital Library Centre Building (DLCB) USU, acara ini digelar dengan serangkaian materi dan diskusi yang dibawakan langsung oleh Dubes Kanada, H.E. Jess Dutton.

Kuliah umum ini juga dihadiri langsung oleh Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si., yang turut memberikan dukungannya, serta para mahasiswa USU dari berbagai jurusan yang antusias mengikuti acara tersebut.

Jess Dutton menyampaikan presentasi yang mendalam tentang sistem ekonomi, teknologi, dan keamanan Kanada, sambil memaparkan tantangan yang dihadapi negara tersebut, termasuk rendahnya kepadatan penduduk di wilayah yang luas. Dalam presentasi dengan tema “Canada’s Indo-Pacific Strategy and Indonesia”, Jess Dutton menyoroti pentingnya respon Kanada terhadap pergeseran global menuju kawasan Indo-Pasifik. Dalam konteks ini, Jess Dutton menekankan perlunya strategi yang tidak hanya responsif tetapi juga bersifat generasional dan jangka panjang dari Kanada.

Tujuan dari strategi ini adalah untuk mengekspos prinsip-prinsip dan kepentingan yang dipegang oleh Kanada, sambil memperkuat relasi kemitraan jangka panjang yang telah dibangun di wilayah Indo-Pasifik, yang membutuhkan keterlibatan dari semua pemerintah yang terlibat.

‘’Semoga anak muda bisa menjadi bagian dari sistem ini. Saya juga meminta anak muda di Sumatera Utara untuk lebih rajin belajar. Jadilah agen perubahan dan memimpin Indonesia semakin lebih baik lagi,’’ tutup Jess Dutton.

Direktorat Internasional dan Kemitraan Global USU juga berharap melalui kegiatan kuliah umum ini, dapat membantu mahasiswa USU untuk berani mengambil kesempatan melangkah lebih ke jenjang internasional.

“Semoga kuliah umum ini bermanfaat untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Ini kesempatan yang tidak boleh dilewatkan, karena selain memperkuat jalinan kerja sama, forum ini diharapkan bisa membantu mahasiswa untuk melangkah ke jenjang internasional,” ucap Lui, selaku Perwakilan Direktorat Internasional dan Kemitraan Global USU.

Sebelumnya, Direktorat Internasional dan Kemitraan Global USU telah mengundang seorang ahli dari Belanda, yakni perwakilan dari Leiden University, untuk memberikan kuliah umum di Gedung Biro Rektorat pada Rabu (5/6) lalu. Kuliah umum tersebut, juga menjadi bagian dari serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memperluas kerja sama antarlembaga pendidikan tinggi, serta memajukan program internasionalisasi di USU.

Redaktur: Duwi Cahya


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

UKM KMK St Yohannes Don Bosco FISIP USU Kembali Adakan Kolaborasi dengan KMK ITERA

redaksi

Rekrutmen Terbuka UKM Tenis USU, Wadah Bagi Pecinta Olahraga Tenis

redaksi

Menurunnya Kerukunan di Media Sosial, di Mana Peran Mahasiswa?

redaksi