SUARA USU
Kabar Kampus

Resmi Dilantik, Himpunan Mahasiswa Jurusan D3 Kimia Unggulkan Program Kerja Praktik Industri

Reporter: Zalfaa Tirta

Suara USU, Medan. Pada Jumat (14/6/2024), Himpunan Mahasiswa D3 Kimia (IMADIKA) Fakultas Vokasi Universitas Sumatera Utara menggelar pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) periode 2024/2025 yang dilangsungkan di Aula Fakultas Vokasi. Pelantikan ini dihadiri langsung oleh Drs. Albert Pasaribu M.Sc selaku Kepala Program Studi, Agung Pratama S.Si., M.Si. selaku Sekretaris Program Studi D3 Kimia, dosen dan staf, para alumni IMADIKA, dan juga HMJ sekawasan Fakultas Vokasi.

Dalam periode kali ini, kepemimpinan IMADIKA berada di tangan Epin Ray Sinaga sebagai Ketua dan Muhammad Heru sebagai Wakil Ketua. Posisi Sekretaris dipegang oleh Eka Novia Ananda, sementara tugas Bendahara dipercayakan kepada Elsayana Girsang. Organisasi ini terdiri dari anggota yang berasal dari stambuk 2022 dan 2023, serta terbagi ke dalam 8 divisi, meliputi: Literasi dan Pengembangan (Litbang), Minat dan Bakat, Kesekretariatan, Logistik dan Dana, Kerohanian, Humas, Kominfo dan Koordinator Lapangan. Semua divisi tersebut sudah dibagi dengan tanggung jawab dan perannya masing-masing

Pada periode kepengurusan ini, Epin Sinaga sebagai Ketua IMADIKA memiliki fokus utama untuk mendorong setiap anggota mahasiswa D3 Kimia agar lebih banyak terjun langsung ke lapangan. Hal ini sejalan dengan program Fakultas Vokasi yang memang berkonsentrasi pada aspek praktik. Epin dan jajaran pengurus lainnya menyadari pentingnya pengalaman lapangan bagi mahasiswa untuk mempersiapkan mereka menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Salah satu program kerja unggulan yang diusung oleh kepengurusan ini adalah Kunjungan Industri. Program ini dirancang dengan tujuan agar para mahasiswa D3 Kimia tidak hanya memahami teori di dalam kelas, tetapi juga mendapatkan gambaran nyata tentang dunia pekerjaan di industri kimia.

“Selain itu kami juga ingin menggerakkan seminar seputar Kimia di dunia pekerjaan, Apalagi jurusan kami ini D3 Kimia sangat mengutamakan keahlian dalam bidangnya,” ungkap Epin dan Heru.

Dalam kata sambutannya, Drs. Albert Pasaribu, M.Sc., selaku Kepala Program Studi D3 Kimia Fakultas Vokasi, menyampaikan pesan penting mengenai partisipasi mahasiswa dalam organisasi. Namun, mahasiswa harus tetap mengedepankan kepentingan akademik selama berada di ranah universitas. Selain itu, beliau juga mendorong mahasiswa untuk mampu berkolaborasi dengan institusi lain. Kolaborasi ini tidak hanya dalam lingkup universitas, tetapi juga dengan berbagai industri dan organisasi di luar kampus.

“Jadilah Mahasiswa yang bisa berkolaborasi, baik dengan pihak interal maupun eksternal dan harus jadi mahasiswa yang pro aktif,” tuturnya.

Sejalan dengan harapan Kepala Program Studi, Epin dan Heru juga berharap agar mahasiswa D3 Kimia aktif baik secara akademik maupun dalam berorganisasi. Mereka berharap mahasiswa juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi, khususnya Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) sebagai wadah untuk menyalurkan ide-ide dan kreativitas mahasiswa.

Acara kemudian ditutup dengan prosesi pemotongan tumpeng, yang melambangkan rasa syukur dan harapan baik bagi kepengurusan baru. Setelah pemotongan tumpeng, dilakukan penyerahan plakat kepada Drs. Albert Pasaribu, M.Sc., selaku Kepala Program Studi D3 Kimia Fakultas Vokasi.

Redaktur: Duwi Cahya


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Fakultas Pertanian USU Sukses Adakan Dialog Interaktif Agriculture PSBB (Productive, Sure, Better, and Beneficial)

redaksi

Ketua Terpilih KOMPAS USU 2021 Akan Berinovasi di Tengah Kebiasaan Baru

redaksi

3 Mahasiswi USU Raih Medali Kejuaraan Taekwando Poomsae Dunia Changmookwan 2021

redaksi