Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Mendikbud: Semester Depan Kuliah Dimulai Agustus, Namun Masih Online

Sumber gambar: Mendikbud Nadiem Makarim dalam konferensi pers virtual (Tangkapan layar Youtube Kemendikbud RI)

Penulis: Kurniadi Syahputra

Suara USU, Medan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan tahun akademik perguruan tinggi 2020/2021 tetap dimulai pada Agustus 2020. Hal ini ia sampaikan saat keterangan pers yang disiarkan secara virtual, Senin (15/6/2020).

“Tahun akademik pendidikan tinggi tetap dimulai Agustus 2020, tetapi sistem pembelajaran masih dilakukan secara daring (online)” kata Nadiem.

Ia juga mengatakan bahwa hal tersebut berlaku untuk seluruh perguruan tinggi di semua zona.

Meskipun begitu, Nadiem menjelaskan bahwa ada pengecualian untuk aktivitas prioritas. Namun tetap dengan protokol kesehatan. Aktivitas itu menurutnya, sangat berhubungan dengan kelulusan mahasiswa yang tidak dapat digantikan dengan pembelajaran daring.

“Boleh datang ke kampus yang berhubungan dengan aktivitas prioritas ini. Contoh seperti penelitian mahasiwa di laboratorium untuk skripsi, tesis, dan disertasi,” tambah Nadiem.

Untuk mata kuliah yang tidak dapat dilaksanakan secara online, menteri termuda kabinet kerja itu menyarankan untuk meletakkannya pada akhir semester.

Ia juga menerangkan bahwa keputusan tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. “Untuk saat ini, keputusan kuliah daring tersebut merupakan keputusan Kemendikbud,” jelas pria yang juga lulusan Universitas Harvard tersebut.

Redaktur Tulisan: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Catur Jadi Trending Topic, Begini Tanggapan Mahasiswa USU Chess Club

redaksi

Hand Sanitizer Langka dan Sulit Didapat? Berikut Cara Mudah Membuatnya..

redaksi

Pro dan Kontra Kasus Self-plagiarism Rektor USU Terpilih

redaksi