SUARA USU
Kabar Kampus

Menjadikan Matematika Sebagai Petualangan Lewat Mathematics Science Competition 2024

Reporter: Putri Aisyah Silalahi

Suara USU, Medan. Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA USU resmi mengumumkan kegiatan tahunannya, “Mathematics Science Competition 2024” atau MSC 2024 dengan tema “Mathemagician Show: A Journey Through the Wonderland of Mathematics”. Tema tersebut bertujuan untuk merubah pandangan bahwa matematika sulit menjadi sebuah petualangan yang menarik dan inspiratif, serta membantu para peserta menyadari bahwa matematika adalah keahlian yang dapat dipelajari dan dinikmati dengan cara yang menyenangkan. MSC 2024 merupakan olimpiade matematika tingkat regional Sumatera Utara yang terbuka untuk SMP dan SMA sederajat.

Menurut Ghani Ashbahani Tanjung selaku Ketua Pelaksana MSC 2024, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan salah satu tujuan pendidikan nasional dalam meningkatkan kecerdasan, keterampilan, budi pekerti, dan semangat kebangsaan, sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Acara ini juga merupakan bagian dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam pengabdian terhadap masyarakat.

Ghani juga menyampaikan harapannya pada MSC tahun ini yaitu agar jumlah peserta yang mendaftar tahun ini dapat melampaui jumlah peserta tahun sebelumnya, serta tujuan-tujuan dari MSC 2024 dapat tercapai melalui acara ini. “Saya harap melalui MSC, tujuan-tujuan diciptakannya MSC ini dapat tercapai. Selain itu saya juga berharap jumlah peserta yang mendaftar lebih banyak dari jumlah peserta tahun sebelumnya” ungkap Ghani.

MSC 2024 tidak hanya melibatkan olimpiade matematika, tetapi juga talk show dan reels kreatif. Talk show yang akan dihadiri oleh Ripayandi David Ajp seorang kreator digital, influencer, dan pengusaha yang terkenal dengan minatnya terhadap pendidikan juga merupakan salah satu Alumni dari USU. Talk show ini akan dilaksanakan pada 18 Mei 2024 di Gelanggang Mahasiswa USU. Sementara itu, reels kreatif berlangsung dari 26 Januari hingga 15 Mei yang berisikan penyampaian motivasi peserta untuk mengikuti MSC 2024.

Pendaftaran olimpiade MSC 2024 telah dibuka sejak 25 Januari hingga 17 Mei mendatang. Prosedur pendaftarannya dapat dilakukan secara offline dengan mengunjungi stan MSC di unit 1 FMIPA USU, secara online melalui link yang tertera pada flyer, atau secara langsung (on the spot) jika kuota peserta belum terpenuhi pada hari pelaksanaan. Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme pendaftaran dan syarat/ketentuan calon peserta melihat Guide book yang tersedia di link atau melalui akun Instagram resmi @mscusu2024.

Redaktur: Khaira Nazira

Related posts

Kepengurusan Baru DPK GMNI Kehutanan USU, Siap Menjadi Rimbawan Nasionalis pada Lingkungan Hidup

redaksi

Lukman Purwadi Berhasil Raih Dua Perunggu pada Gayatama II Unesa

redaksi

Prodi Ilmu Administrasi Bisnis Sukses Adakan Business Plan Competition dan Business Poster 2023

redaksi