SUARA USU
Kabar Kampus

Pengaruh Organizational Culture dan Work Motivation terhadap Employee Performance (Studi pada PTPN IV Medan)

Sumber Gambar: PT Perkebunan Nusantara IV

 

Oleh: Tiara Vany Sahdina/Muhammad Akbar Aurel Syah/Windari Khairina Br Sitepu/Andhika Pratama/Muhammad Musthafa Haykal

Suara USU, Medan. Era globalisasi telah mendorong persaingan dalam pasar kerja menjadi semakin ketat. Kemajuan teknologi dan informasi mengharuskan suatu organisasi untuk segera meresponi perubahan-perubahan tersebut sehingga tetap mampu bersaing secara global.

Perubahan kondisi lingkungan ini secara langsung dan tidak langsung dapat mempengaruhi budaya organisasi. Selain itu, perubahan ini juga menuntut setiap individu yang menjadi bagian dari organisasi untuk mengembangkan serta merealisasikan kompetensi diri. Untuk itu dibutuhkan motivasi kerja agar kinerja sumber daya manusia menjadi lebih baik.

Perusahaan Perkebunan Nusantara IV Medan adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang agroindustri. Perusahaan yang menaungi 30 unit usaha dengan cakupan pengelolaan yang luas pada sawit dan teh akan membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Namun sayangnya, peneliti menemukan bahwa telah terjadi penurunan dalam kinerja karyawan. Hal ini terlihat dari adanya penurunan kuantitas pekerjaan serta hasil kerja yang tidak tercapai. Penurunan kinerja karyawan ini akan menyebabkan terhambatnya pencapaian tujuan dalam perusahaan.

Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya ialah motivasi kerja. Pada dasarnya, motivasi kerja bergantung pada pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia. Semakin terpenuhi kebutuhan karyawan maka semakin tinggi pula lah tingkat motivasi kerjanya.

Budaya organisasi juga mempengaruhi motivasi kerja. Karyawan yang merasa puas dengan budaya organisasi mereka akan menunjukkan sikap positif terhadap pekerjaan mereka sehingga menghasilkan kinerja yang positif.

Sebaliknya, karyawan yang tidak puas dengan budaya organisasi mereka akan menunjukkan sikap negatif terhadap pekerjaan mereka yang tentu saja akan berdampak pada kinerja perusahaan. Hal-hal inilah yang mendasari ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian terhadap pengaruh budaya organisasi (organizational culture) dan motivasi kerja (work motivation) terhadap kinerja karyawan (employee performance) di PT Perkebunan Nusantara IV.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa Organizational Culture (budaya organisasi) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Employee Performance (kinerja karyawan) di PTPN IV Medan. Artinya, peningkatan kondisi Organizational Culture (budaya organisasi) akan berimbas pada peningkatan Employee Performance (kinerja karyawan).

Untuk mengetahui pengaruh Organizational Culture (budaya organisasi) terhadap Employee Performance (kinerja karyawan), peneliti menggunakan empat indikator sebagai tolak ukur dimana keempat indikator tersebut terdiri dari Ketanggapan, Dorongan, Kepemimpinan, serta Kemampuan.

Indikator dipilih berdasarkan kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan sehingga nantinya perusahaan dapat menggunakan hasil penelitian sebagai acuan untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa Work Motivation (motivasi kerja) tidak memiiki pengaruh positif dan signifikansi yang sesuai terhadap Employee Performance (kinerja karyawan) pada PTPN IV Medan. Adapun indikator yang digunakan sebagai tolak ukur dalam menilai pengaruh Work Motivation (motivasi kerja) terhadap Employee Performance (kinerja karyawan) adalah Perilaku Karyawan, Usaha Karyawan dan Kegigihan Karyawan.

Akan tetapi, hasil penelitian menunjukkan Organizational Culture dan Work Motivation secara bersama-sama mampu mempengaruhi Employee Performance secara signifikan di PTPN IV Medan. Adapun indikator yang dipergunakan untuk menjadi tolak ukur ialah Kuantitas Hasil Kerja, Kualitas Hasil Kerja, Disiplin Kerja dan Efektivitas dalam Melaksanakan Tugas.

Artikel ini ditulis oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis. Dosen Pembimbing Ibu Ainun Mardhiyah, S.AB, M.AB. sebagai Dosen Pengampu dari Kelompok Penelitian Magang dengan Konsentrasi Sumber Daya Manusia.

 

Redaktur: Anggie Syahdina Fitri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Fasilitas Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU, Masih Baik?

redaksi

Dampak Covid-19, USU Terapkan Kebijakan Bekerja dari Rumah

redaksi

Mantan Rektor USU 3 Periode, Prof Chairuddin Meninggal Dunia

redaksi