SUARA USU
Kabar SUMUT

Perkuat Komitmen, Aliansi Pers Mahasiswa Sumut Adakan Penandatanganan Komitmen Bersama

Reporter : Siti Annisa/ Anna Fauziah 

Suara USU, Medan. Aliansi Pers Mahasiswa Sumatera Utara (APM-SU) telah menyelenggarakan kegiatan penandatanganan Komitmen Bersama APM-SU pada Rabu, (5/4) di Waroenk Edukasi Jl. Halat No. 136, Medan. Penandatanganan ini dirangkai dengan kegiatan berbagi takjil dan buka bersama APM SU.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat komitmen dari setiap LPM yang tergabung di APM-SU dalam memajukan APM-SU dan pers mahasiswa di Sumatera Utara.

Terdapat 3 komitmen yang ditandatangani, yaitu:

1) Memajukan kualitas Pers Mahasiswa yang ada di wilayah Sumatera Utara.
2) Menjadikan APM-SU sebagai wadah silaturahmi, komunikasi, edukasi, dan kordinasi dengan menjunjung tinggi solidaritas diantara sesama Lembaga Pers Mahasiswa yang ada didalamnya.
3) Menjaga nama baik APM-SU dan Lembaga yang tergabung di kalangan publik.

Penandatanganan komitmen bersama APM-SU dengan pers mahasiswa ini berguna agar setiap lembaga pers mahasiswa bisa berkembang lebih baik lagi dan maju sehingga mampu membawa dampak besar bagi kemajuan APM-SU kedepannya. Untuk pertama kalinya komitmen bersama ini buat dalam bentuk tertulis dan ditanda tangani oleh tujuh LPM yang hadir dalam kegiatan ini.

Koordinator APM-SU, yaitu Muhammad Iqbal dalam penuturannya, ia menegaskan bahwa Komitmen Bersama yang dibuat ini sudah disetujui oleh seluruh elemen pers mahasiswa yang tergabung di APM-SU.
“Jadi sebenarnya semuanya sudah berkomitmen di awal untuk memajukan APM-SU. Tapi kemarin kita buat komitmen itu versi tertulis. Jadi, semalam ada tujuh LPM yang sudah menandatangani dan beberapa LPM lagi mungkin berhalangan hadir. Tapi mereka juga tidak ada masalah, mereka juga menyetujui, dan berkomitmen untuk memajukan APM-SU,” tegas Iqbal.

Dengan terlaksananya kegiatan penandatanganan ini, Gracyan Eukario selaku Sekjen APM-SU menyadarkan bahwa lembaga pers mahasiswa yang tergabung dalam APM-SU tidak-lah sendiri sebagai pers mahasiswa di Sumatera Utara. Melainkan, memiliki rumah untuk berdiskusi dan bertukar pikiran.
“Dengan penandatanganan ini, lembaga pers mahasiswa yang tergabung dalam APM sudah sah memiliki rumah untuk berdiskusi dan bertukar pikiran, serta menjadi pengingat bahwa mereka tidak sendiri sebagai pers mahasiswa di Sumatera Utara,” ungkap Gracyan.

Sekjen APM-SU ini juga melanjutkannya dengan harapan adanya kolaborasi antar LPM, dapat menumbuhkan rasa kebersamaan yang menjadikan LPM di dalam APM memiliki akar yang sambung-menyambung dan kokoh dalam melakukan pemberitaan sesuai dengan fungsi pers mahasiswa sesungguhnya.

Affif Nikki Anwar yang merupakan pimpinan umum LPM Suara USU mengaku bahwa kegiatan ini merupakan hal yang sangat bagus, mengingat banyaknya pers mahasiswa di Sumatera Utara yang didirikan oleh APM-SU tetapi belum ada kejelasan bagaimana untuk ke depannya pada saat itu. Setelah itu, ia juga berharap dengan adanya penandatangan ini seluruh pers mahasiswa di Sumatera Utara lebih terjalin dan berkomitmen penuh untuk APM-SU.

“Menurut saya hal itu sangat bagus, mengingat banyak sekali pers mahasiswa di Sumatera Utara ini ya, memang sebelumnya sudah didirkan Aliansi ini tapi belum ada komitmen secara tertulis bagaimana APM ini ke depan, dan semoga setelah penandatanganan ini Pers Mahasiswa di Sumatera Utara lebih terjalin dan harus berkomitmen penuh pada aliansi dan hal ini juga sebagai ajang untuk LPM dalam bertukar pikiran dalam program kerja masing-masing LPM untuk lebih baik serta maju untuk ke depannya,” ujar Affif.

Redaktur : Taty Kristina 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Andi Hutagaulung: Berharap Mahasiswa SUMUT Lebih Jalankan Fungsi Sosialnya

redaksi

ISPI Sumut Adakan Bimtek Pengawas Bibit Guna tingkatkan Jumlah dan Mutu Bibit Ternak

redaksi

Yayasan Srikandi Lestari : Perempuan Tangguh Untuk Kesejahteraan Lingkungan

redaksi