SUARA USU
Sosok

Pertama Kali Raih IP 4, Ini Tips Belajar Ala Jerome Polin!

Oleh: Amanda Amelia

Suara USU, Medan. Jerome Polin Sijabat adalah seorang YouTuber, selebriti internet, dan pengusaha berkebangsaan Indonesia. Jerome dikenal setelah memulai kanal YouTube bernama Nihongo Mantappu yang membagikan kehidupan pribadinya sebagai mahasiswa Indonesia di Jepang.

Pria kelahiran 1998 ini memulai kanal YouTube miliknya pada Desember 2017. Kanal ini mendapatkan Silver Play Button pada 2018 dan Gold Play Button pada 2019. Selain konten kesehariannya, ia juga sering membagikan konten yang bersifat edukatif, seperti battle matematika, belajar bahasa Jepang, dan masih banyak lagi. Lalu pada April 2021, Jerome bersama saudaranya, Jehian membuka jejaring bisnis teh buah bernama Menantea.

Jerome Polin pernah mampu menembus daftar Forbes 30 Under 30 Asia, yakni daftar orang-orang yang sukses di usia muda. Selain itu, ia juga mendapat penghargaan dalam Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Awards 2020 untuk kategori Penulis Pendatang Terbaik atau Rookie of The Years.

Selama mengenyam pendidikan tinggi di Waseda University, Jerome mendapatkan beasiswa penuh dari program Mitsui-Bussan Scholarship dan mengambil Program Studi Matematika Terapan. Setelah skripsinya yang berjudul Steplength Improvement for Accelerating EM Algorithm mendapat nilai memuaskan, kini giliran Indeks Prestasi (IP) semester akhir miliknya yang bernilai sempurna.

Melalui unggahan di akun Instagramnya, Jerome menuturkan ini adalah kali pertama ia mendapatkan IP 4 selama berkuliah di Waseda University. Jerome juga mengatakan, mendapatkan IP 4 setidaknya satu kali selama kuliah di Jepang sudah menjadi targetnya sejak awal.

Agar bisa mengikuti jejak Jerome Polin sebagai mahasiswa yang berprestasi dan mendapatkan IP 4, sobat Suara USU bisa nih mengikuti tips belajar ala Jerome Polin!

    1. Belajar dengan metode 50:10

Metode ini merupakan metode 50 menit belajar dan 10 menit istirahat. Metode ini sangat cocok digunakan karena belajar dalam waktu yang lama tidak akan terserap dengan baik oleh otak kita.

    1. Buat target belajar

Membuat target belajar dapat dimulai dari banyak hal yang akan kamu selesaikan dan seberapa jauh materi yang harus kamu pelajari.

    1. Hadiah dan hukuman

Jika kamu mencapai target, kamu dapat memberikan hadiah untuk dirimu sendiri. Namun, jika kamu tidak mencapai target, cobalah untuk memberi hukuman yang ringan. Hal ini akan membantu kamu untuk belajar lebih disiplin.

    1. Belajar dari banyak sumber

Selama belajar kamu dapat menggunakan smartphone, laptop, atau perangkat lainnya untuk mencari banyak sumber. Jangan lupa juga untuk selalu membaca buku karena semakin banyak sumber dan buku yang dibaca, maka akan semakin luas wawasan kamu.

    1. Cari suasana baru

Kamu bisa mencari tempat yang nyaman dan yang kamu sukai. Kamu dapat memilih tempat belajar ternyaman selain kamar atau area rumah. Hal ini dilakukan agar kamu mendapatkan suasana belajar yang baru dan tidak mudah bosan.

    1. Berdoa sebelum belajar

Sebelum belajar, jangan lupa untuk berdoa terlebih dulu. Hal ini penting karena Tuhan akan memberikan kemudahan bagi hamba-Nya yang selalu ingat kepada-Nya.

Redaktur: Azka Zere Erlthor


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Che Guevara, Sang Komandante, Dokter dan Simbol Perlawanan Para Aktivis Kampus

redaksi

Bangun, Anak Pelosok Negeri yang Berprestasi

redaksi

Merintis dari Bawah, Toko Kiel’s Raja Berkembang di Bawah Kepemimpinan David Lumbanraja

redaksi