SUARA USU
Kabar Kampus

Rayakan Dies Natalis Pertama Kalinya : Kessos FISIP USU Bentuk IKA Sebagai Wadah Kolaborasi

Reporter : Cindy Silviana, Khaira Nazira, Balqis Aurora, Evita Esperanza Sipahutar, dan Feby Sari Dinata Simarmata

Suara USU, Medan. Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP USU telah sukses menggelar acara Dies Natalis yang ke-39 tahun pada Sabtu, (10/12). Acara Dies Natalis ini bertempat di gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti tari persembahan, kata sambutan, memasuki ruang kelas dengan tujuan mengenang masa kuliah, makan bersama, hiburan, dan pojok kenangan.

Pada dies natalis tahun ini, Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial mengusung tema “Pulang Sebentar”. Mengacu pada tema tersebut ketua panitia, Fajar Utama Ritonga menyebutkan bahwa dengan adanya dies natalis yang diselenggarakan tahun ini, para alumni dapat kembali mengenang perkuliahan dan membentuk Ikatan Para Alumni (IKA) sebagai wadah bagi para alumni menjalin koneksi dan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa.

Disamping itu, mahasiswa jurusan Kesejahteraan Sosial dituntut untuk memiliki wawasan dan pengalaman berkolaborasi dengan universitas lain, baik di dalam maupun di luar negeri. Kemudian terbukanya peluang bagi mahasiswa untuk melakukan magang di berbagai BUMN yang ada di kementerian maupun yang bekerjasama dengan USU. Hal ini menuntut mahasiswa untuk bisa lebih mengasah keterampilan, memahami konteks teori di kampus, tapi juga dibekali dengan praktek. Tentu saja kreativitasdan inovasi dibutuhkan dari mahasiswa.

Agus Suriadi selaku Kepala Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial berharap persaingan dan kolaborasi yang ada mampu mengisi kebutuhan jurusann ini menuju internasionalisasi.

Dalam kata sambutannya, Agus mengatakan bahwa jurusan Kesejahteraan Sosial sedang mengejar akreditasi internasional, “Target kita tentu perkembangan internasionalisasi dan global itu tidak mungkin kita pungkiri. Mau tidak mau prodi harus bersaing secara global, minimal di kawasan Asia Tenggara.”

Agus juga menegaskan bahwa persiapan menuju internasionalisasi ini tak hanya peran dari SDM saja, melainkan dari kemampuan mahasiswa juga. Kegiatan Dies natalis menjadi wadah untuk melakukan kolaborasi guna mengisi hal yang menjadi kebutuhan kessos ke depannya.

Ketua Ikatan Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial (IMIKS), Farhan Muhammad Irsyadi turut menyampaikan harapan kedepannya untuk prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Farhan berharap agar program studi ini semakin jaya, besar, kuat, dan semakin berkualitas.

Seli, salah satu alumni kessos berpendapat bahwa acara Dies Natalis ini terkesan buru-bur, namun ia juga menyatakan bahwa acara ini berjalan dengan baik.

“Dari segi kekurangan dilihat dari partisipan dikarenakan cuaca juga kurang mendukung jadi beberapa yang diharapkan hadir tidak maksimal”, tutup Tabita sebagai mahasiswa kessos stambuk 2019.

Redaktur : Valeshia Trevana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Diikuti 739 Mahasiswa Baru, PKKMB FP USU 2022 Berlangsung Meriah

redaksi

GMKI FP USU Adakan Kegiatan GMKI Mengajar

redaksi

Pandemi Corona, KKN USU Tahun ini Dilaksanakan dari Rumah

redaksi