SUARA USU
Uncategorized

Riset Operasi dalam Bisnis Kerajinan “Ringroad Craft Medan”

Penulis: Joyce Alicia Agatha Munthe / Muhammad Rizki Ginting / Muhammad Balkis Venserjude / Peron Lumumba Siahaan / Rebekka Margarettha Sitorus

Suara USU, Medan. Kerajinan adalah bentuk seni rupa yang telah ada sejak lama. Kita semua familiar dengan kerajinan dan seni rupa sejak kita masih sekolah. Kerajinan itu populer dan bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Selain membuat barang yang bermanfaat, kerajinan juga membuat kita mampu untuk mengekspresikan kreativitas dan diri kita sendiri. Banyak orang menikmati kerajinan sebagai hobi atau bahkan sebagai pekerjaan. Namun, di sisi lain kerajinan bukan hanya soal hasil akhir produknya, tetapi juga tentang proses kreatifnya.

Ringroad Craft Medan adalah bisnis yang berfokus membuat tas dan boneka rajutan. Usaha ini didirikan pada 28 Maret 2013 oleh Andini Silalahi. Dibangun di atas asas kerajinan tangan dan seni tradisional, usaha ini telah dapat membuktikan keahliannya dalam menciptakan produk-produk rajutan yang berkualitas. Ringroad Craft Medan memilih nuansa kerajinan tangan untuk mewujudkan visinya dan merangkul seni tradisional merajut sebagai media utamanya. Kedua hal tersebut tercermin di dalam semua produk yang mereka buat. Sejak itu, telah berkembang menjadi toko rajutan populer yang dikenal baik secara lokal maupun di luar kota Medan.

Ringroad Craft Medan ingin mengetahui berapa banyak tas dan boneka yang bisa mereka hasilkan untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Mereka memiliki batasan dalam penggunaan bahan baku seperti benang dan jarum. Untuk membuat satu tas, mereka butuh 7 gulung benang dan 1 buah jarum. Sedangkan, untuk satu boneka mereka butuh 3 gulung benang dan 1 buah jarum. Total bahan baku yang tersedia adalah 42 gulung benang dan 10 buah jarum. Keuntungan dari satu tas adalah Rp100.000 dan dari satu boneka adalah Rp70.000. Bagaimana caranya agar mereka bisa mendapatkan keuntungan maksimum?

Riset Operasi adalah alat yang sangat membantu dalam mengelola operasi bisnis seperti Ringroad Craft Medan. Ini adalah suatu pendekatan yang menggunakan analisis matematis dan pemodelan untuk mengatasi masalah kompleks dalam pengambilan keputusan. Dalam konteks Ringroad Craft Medan, riset operasi dapat digunakan untuk memecahkan masalah produksi, yaitu bagaimana memaksimalkan keuntungan dengan memanfaatkan sumber daya terbatas seperti benang dan jarum.

Dengan bantuan riset operasi, Ringroad Craft Medan dapat menemukan solusi optimal untuk produksi mereka. Hasilnya adalah produksi 3 tas dan 7 boneka untuk mencapai keuntungan maksimum sebesar Rp790.000. Dengan demikian, riset operasi adalah alat penting dalam membantu bisnis seperti Ringroad Craft Medan mengoptimalkan operasi mereka.

Artikel ini adalah publikasi tugas mata kuliah Riset Operasi Bisnis dengan Dosen Pengampu : Ainun Mardhiyah, S.AB., M.AB

 Redaktur: Tania A. Putri

Related posts

Metode Silent Reading dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa

redaksi

Sumber Daya yang Melimpah Menjadi Tolak Ukur Kekayaan Negara Indonesia

redaksi

Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan dalam Mepertahankan Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Era Globalisasi

redaksi