SUARA USU
Sosok

Alumni FASILKOM-TI USU, Ronaldi Tumanggor: Membantu Mahasiswa Menuju Pengembangan Diri Melalui Ruang Mahasiswa

Oleh: Eme Arapenta 

Suara USU, Medan. Ronaldi Tumangor merupakan Alumni S1 Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara (USU) sekaligus pendiri Ruang Mahasiswa. Start up yang satu ini merupakan platform media informasi yang berisi informasi perkuliahan, tips, motivasi, dan beasiswa yang bermanfaat bagi mahasiswa dan calon mahasiswa yang dapat diakses secara digital dan gratis. Sosok Ronaldi Tumanggor mendirikan Ruang Mahasiswa pada 15 Agustus 2015.

Ronaldi Tumanggor kini berhasil membangun bisnis startup sebagai CEO dan Founder Ruang Mahasiswa. Kesuksesan ini berasal dari sosok lelaki yang datang dari sebuah desa terbelakang. Pada awal perkuliahan di tahun 2013, ia sangat susah mendapatkan informasi tetang dunia perkulihaan. Hal inilah yang mendasari Ronaldi mendirikan Ruang mahasiswa sebagai sarana informasi seputar dunia perkulihaan seperti info beasiswa, info kampus, pelatihan, serta konsultasi kuliah online.

Tak hanya itu, CEO sekaligus Founder Ruang Mahasisa tersebut membuka kesempatan besar untuk memberikan pemberdayaan kepada mahasiswa untuk bekerja diperusahaannya melalui program magang. Hal ini bertujuan untuk pengembangan diri terhadap mahasiswa. Pengembangan diri tersebut erat kaitannya dengan kenyataan karir yang akan dihadapi mahasiswa di masa mendatang. Selain itu, hal ini dapat memberikan dukungan kepada mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, memperluas jaringan, serta mendapatkan pengalaman kerja lingkungan yang sesungguhnya untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.

“Supaya bisa punya pengalaman dan kompetensi sebelum lulus kuliah agar memiliki persiapan lebih untuk ke Revolusi Industri 4.0, ” ujar Ronaldi.

Ronaldi memberikan wadah pengembangan diri dengan cara mentoring langsung kepada mahasiswa, dengan memberikan jobdesc, memberikan tantangan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan keterampilan, juga memfasilitasi mereka agar mereka nyaman. Serta yang terakhir Ronaldi selalu mengadakan evaluasi progress secara berkala untuk melihat kemajuan mereka dan mendiskusikan potensi area perbaikan.

“Pengembangan diri anak magang kita lakukan dengan menentukan jobdesc sesuai kompetensi dasar. Kita juga rutin mentoring sistem kerja hybrid, offline, dan online. Selanjutnya, menekankan rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi serta selalu berusaha menampilkan yang terbaik, juga review dan evaluasi secara berkala mengapresiasi untuk mahasiswa yang bekerja memberikan yang terbaik,” ujar Ronaldi.

Sosok Ronaldi juga sangat mengaspresiasai hasil kinerja mahasiswa tersebut dengan memberikan hadiah kepada mahasiswa yang hasil kinerjanya bagus. Hal ini dilakukan agar meningkatkan motivasi untuk melakukan kinerja mereka, memelihara semangat kerja serta membangun hubungan tim yang baik.

Ronaldi juga mengungkapkan harapan untuk mahasiwa yang selesai magang dari perusahaanya agar dapat menambah pengalaman, menjadi orang yang disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab yang lebih tinggi. Harus punya mental yang teruji, berani dan memiliki high value untuk terjun ke dunia industri.

Redaktur: Tamara Ceria Sairo

Related posts

Mencuri Perhatian Kaum Hawa, Ini Dia Sosok Mayor Teddy

redaksi

Najwa Shihab Mengapresiasi Lagu Tulus yang Berjudul “Kelana”: Apa, Sih Makna Lagu Tersebut?

redaksi

Lika-Liku Perjuangan Reza Arap Oktovian Hingga Bisa Sesukses Kini

redaksi