SUARA USU
Musik

Sasha Sloan – Older, Mencintai Itu Berat dan Tak Selalu Berhasil

Penulis: Yohanna Febrianti Caroline.

 

Older, the older I get the more that I see.

Sasha Alexandra Artourovna Yatchenko atau yang dikenal dengan nama Sasha Sloan, merupakan seorang penyanyi solo berdarah Rusia – Amerika. Older merupakan salah satu lagu dari Sasha Sloan yang dirilis pada tahun 2018 dan masuk ke dalam album yang bertajuk Loser. Lagu Older sendiri memiliki makna yang cukup dalam, dimana setiap liriknya menyampaikan isi hati dan perasaan pilu seorang anak kecil yang sudah harus menyaksikan pertengkaran dalam keluarga. Lirik, nada, serta pembawaan Sasha Sloan dalam menyanyikan lagu ini membuat pendengar ikut terhanyut. Berikut lirik dan ulasan makna dari lagu Older.

I used to shut my door while my mother screamed in the kitchen

(Aku biasanya menutup pintu saat ibuku berteriak di dapur)

I’d turn the music up, get high and try not to listen

(Aku putar musik keras-keras, dan mencoba untuk tak mendengarkan)

To every little fight, ’cause neither on was right

(Setiap pertengkaran kecil, karena tak ada yang benar)

Lirik diatas, memberikan gambaran apa yang dilakukan seorang anak dalam mengahadapi situasi kurang baik dalam rumahnya. Ia memilih untuk berdiam di ruangannya dan menutup pintu, lalu memutar musik dengan keras dan berharap tidak mendengar pertengkaran atau teriakan sang ibu. Karna dia tahu bahwa dalam pertengkaran kecil tersebut tidak ada yang benar di antaranya.

I swore I’d never be like them

(Aku bersumpah aku tak akan pernah menjadi seperti mereka)

But I was just a kid back then

(Tapi aku hanyalah anak kecil waktu itu)

Anak dalam lagu tersebut bersumpah kepada dirinya sendiri untuk tidak menjadi seperti orang tuanya yang seringkali bertengkar. Namun anak itu masih terlalu kecil untuk memahami pertengkaran tersebut, dan mengapa pertengkaran itu bisa terjadi.

The older I get the more that I see

(Semakin aku tua semakin banyak yang aku lihat)

My parents aren’t heroes, they’re just like me

(Orangtua ku bukanlah pahlawan, mereka sama sepertiku)

Hari berganti hari, seiring anak itu bertambah besar, semakin banyak hal yang dapat dilihatnya dan ia pun memahami satu hal bahwa kedua orang tuanya tidaklah berbeda seperti dirinya. Mereka bukan pahlawan.

And loving is hard, it don’t always work

(Dan mencintai itu berat, tak selalu berhasil)

You just try your best not to get hurt

(Lakukan yang terbaik agar kamu tak terluka)

I used to be mad but now I know

(Aku dulu marah tapi sekarang aku tahu)

Sometimes it’s better to let someone go

(Terkadang akan lebih baik membiarkan seseorang pergi)

It just hadn’t hit me yet

(Ini hanya belum mengenaiku)

The older I get

(Semakin aku tua)

Sementara dalam bagian ini, sang anak menyadari bahwa mencintai tak selalu akan berhasil, karena mencintai bukanlah hal yang mudah. Seseorang terkadang hanya bisa berusaha untuk melakukan yang terbaik sebisa kita, berusaha agar dirinya tidak terluka. Sang anak juga menyampaikan bahwa dulu ketika masih kecil, ia marah terhadap pertengkaran kecil antara kedua orang tuanya. Namun seiring waktu, ia memahi bahwa memang terkadang membiarkan seseorang untuk pergi adalah jalan dan pilihan terbaik.

Dari penggalan-penggalan lirik lagu Older, kita mengerti dan terhanyut pada realita kehidupan sebuah keluarga yang mungkin dirasakan oleh beberapa orang. Anak dalam lagu tersebut menyampaikan kepada pendengar tentang betapa pilu harus melihat dan mendengar pertengkaran orang tua di saat masih kecil. Namun semakin dewasa, ia juga mulai mengerti beberapa keadaan memang mengharuskan kita melepaskan dan membiarkan seseorang pergi jika memang sudah tidak bisa lagi dipertahankan. Bagaimanapun semua orang termasuk orang tua, hanyalah manusia biasa yang berusaha untuk tidak menyakiti diri sendiri.

Kalian dapat mendengarkan dan menonton dokumenter video di official video Older-Sasha Sloan di Youtube. Selamat mendengarkan!

Redaktur: Yulia Putri Hadi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bersuara Tanpa Batas Lewat ‘Shout Out’

redaksi

“The Ambivert Song” – Lirik Lagu yang Mencerminakan Konflik Emosional

redaksi

Belajar Menghargai Diri Sendiri Melalui Lagu Sheryl Sheinafia – Okay

redaksi