SUARA USU
Kabar Kampus

Semarak PKKMB FP USU 2023 Sukses Digelar, Libatkan Kerja Sama 900 Mahasiswa

Reporter: Idora Rorensia / Suranti Pratiwi

Suara USU, Medan. Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sumatera Utara turut melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru yang dilaksanakan di Stadion Mini USU pada Jumat, (18/08) hingga (20/08).

Kata sambutan dari ibu Dr. Ir. Tavi Supriana MS selaku Dekan Fakultas Pertanian mengatakan bahwa “ saya berharap mahasiswa baru betul-betul menjalankan apa yang menjadi tema kita, memang itu yang diharapkan. Karena peran mahasiswa untuk universitas itu sangat besar. Kinerja unviversitas dalam bentuk indikator kinerja utama, itu sebagain besar IKU1, dan IKU2 ada di kompetisi mahasiswa. Maka dari itu saya tadi berpesan bahwa mahasiswa itu kalau bisa jangan lulus lebih dari 8 semester, kemudian selama kuliah betul-betul dan sungguh-sungguh agar cepat tamat, ip nya tinggi dan kemudian cepat mendapatkan pekerjaan untuk masa depan mereka yang lebih baik.”

Untuk perbedaan PKKMB tahun ini dengan tahun lalu tidak ada. Namun karena jumlahnya yang besar, tidak ada tempat di Fakultas yang mampu menampung mahasiswa sampai 900 orang. Fakultas Pertanian memiliki aula yang hanya mampu menampung 200 mahasiswa. Karena itu kegiatan dilaksanakan di gelanggang mahasiswa.

Tavi menuturkan “Untuk kepanitian sendiri yang ikut berperan aktif dalam proses PKKMB kali ini yaitu tentu Wakil Dekan 1, dan dibantu dengan kaprodi, kemudian dosen-dosen muda. Tapi kita juga melibatkan mahasiswa, jadi ada mahasiswa yang dilibatkan tetapi sudah terdaftar di Wakil Dekan 1 agar mudah mengendalikan kalau ada terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Untuk persiapan PKKMB dilakukan sejak ujian-ujian dilakukan kita sudah merekrut panitia, sudah beberapa kali rapat apa yang harus dilakukan, tetapi yang paling intensif minggu yang lalu dan mahasiswa juga dilbatkan untuk rapat.”

Kegiatan PKKMB 2023 yang dilakukan pertama kali adalah pengenalan kampus, kemudian pengenalan kewarganegaraan. Didalamnya diingatkan kembali tentang pancasila, kemudian tema-tema khusus pengenalan fasilitas, perpustakaan dan lain lain selajutnya pengenalan kegiatan kemahasiwaan kedepan agar mahasiswa bisa mengikuti kegiatan-kegiatan kreatifitas mahasiswa kedepannya.

Kedepannya sangat diharapkan mahasiwa serius untuk betul-betul melakukan tugasnya sebagai mahasiswa belajar dengan baik, kemudia kreatif, ikut kegiatan-kegiatan kreatifitas seingga bisa lulus tepat waktu, jadi lulus dengan tidak memuakkan namun lulus dengan memuaskan.

Nadya selaku mahasiswa baru mengungkapkan, “Perasaan diterima di jalur SNBT, terasa senang karena sepanjang perjalanan itu aku belajar, apalagi tiba-tiba keterima perasaan senangnya itu besar. Agribisnis merupakan pilihan aku. Kesan yang aku ingat waktu PKKMB itu karena ternyata Fakultas Pertanian ini solidaritasnya tinggi terus kayak kakak-kakak tingkatnya itu yang merangkul gitu bukan yang kayak diceritain orang-orang galak-galak gitu tapi kakak-kakaknya baik-baik. Pesannya untuk PKKMB tahun ini mungkin kedepannya bisa dipasang tenda karena di jam 10.00 keatas kami kepanasan dan keringat bercucuran.” Tutup mahasiswa baru Agribisnis tersebut.

Redaktur: Taty Kristina


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Menjawab Ketidakjelasan Pemira 2022, Ditmawalumni Adakan Konfrensi Pers

redaksi

Menangkan Kompetisi Debat Hukum, Delegasi FH USU Tekankan Kerja Sama Tim yang Baik

redaksi

Kementerian Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan PEMA USU Adakan Pelatihan Pidato Bahasa Inggris

redaksi