Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Semua jadi Online, USU Belum Putuskan Kalender Akademik Semester Depan

Penulis: Dian Febriyanti

Penulis: Dian Febriyanti

SUARA USU, MEDAN: Munculnya wabah pandemi virus corona, membuat Universitas Sumatera Utara (USU) belum memutuskan kalender akademik Tahun Ajaran 2020/2021.

Jadwal akademik tahun lalu mengalami banyak perubahan akibat pandemic Covid-19. Sistem perkuliahan dilakukan secara jarak jauh atau online. Sistem online juga diberlakukan untuk mahasiswa baru yang baru saja diumumkan lulus SNMPTN 2020.

Kepala Humas, Promosi dan Protokoler USU, Elvi Sumanti, ST, M Hum, menyatakan calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2020 wajib melakukan registrasi (daftar ulang) disesuaikan dengan jadwal secara online.

Hal ini sesuai dengan surat edaran Rektor USU Nomor 3647/UN5.1.R/KPM/2020 tentang perpanjangan masa kegiatan akademik secara online dan perpanjangan masa work from home di lingkungan USU.
Dampak dari perubahan tersebut, USU belum memutuskan jadwal akademik tahun ajaran 2020/2021.

Perubahan jadwal menjadi online ini juga dirasakan calon mahasiswa USU. Salah seorang peserta SNMPTN yang dinyatakan lulus di USU, Mutia Zahara mengakui adanya perubahan tersebut.

“Saat SNMPTN masalah covid 19 ini masih belum parah, jadi kami masih sekolah dan masih bisa mengurus sesuai syarat pendaftaran,” katanya.

“Ada perubahan di jadwal pendaftaran SNMPTN yang diperpanjang 2 hari menjadi 9 Januari. Pengumumannya juga diundur dari 4 April menjadi 8 April,” tambahnya.

Khusus untuk mahasiswa baru jalur SNMPTN, berikut jadwal registrasi (daftar ulang) online yang harus diikuti:
I. Pengisian Data Uang Kuliah Tunggal (UKT) Online:
1. Pengisian data UKT dilakukan secara online pada web http://uktdatareg.usu.ac.id  pada tanggal  10 April sd 22 Mei 2020
2. Pengiriman kelengkapan berkas melalui kiriman pos yang dialamatkan ke PO BOX 45 pada tanggal 10 April sd 22 Mei 2020
3. Verifikasi data oleh pihak universitas
4. Pencetakan Billing Statement yang dapat di download dari http://uktdatareg.usu.ac.id pada tanggal 12 Juni 2020.
5. Pembayaran UKT yang dilakukan pada tanggal 12 Juni sd 10 Juli 2020 pada tempat/bank yang tertera di billing statement, yaitu Bank BNI (Bank Negara Indonesia), Bank Mandiri, Bank Sumut dan BTN (Bank Tabungan Negara).

II. Pemeriksaan Bebas Narkoba
Pemeriksaan bebas narkoba ini dilaksanakan di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara yang akan dimulai pada tanggal 20 hingga 24 Juli 2020.

III. Melakukan Pra Registrasi secara Online
Para peserta SNMPTN 2020 yang lulus  juga harus melakukan pra registrasi secara online pada laman web http://praregistrasi.usu.ac.id. (12 sd 20 Juli 2020).

IV. Pemeriksaan Kesehatan
Untuk pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan pada tanggal 27 sampai 30 juli 2020, di mana nomor urut pemeriksaan kesehatan sesuai dengan pendaftaran online. Pemeriksaan dilakukan pada

Pukul 7.30 s/d 10.30 WIB, bertempat di Poliklinik USU Jalan Universitas Kampus USU Medan.

V. Pendaftaran Ulang/Penyerahan Berkas
Pendaftaran ulang dan penyerahan berkas akan dilaksanakan pada tanggal 27 sampai 30 Juli 2020, pukul 08.00 s/d 15.00 WIB, bertempat di Gelanggang Mahasiswa USU, Jalan Universitas Kampus USU Medan. Dalam tahapan ini juga sekaligus akan dilakukan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) mahasiswa. Informasi lengkap mengenai tahapan ini dapat dilihat di laman https://penerimaan.usu.ac.id

Related posts

Potongan Pembayaran UKT/SPP untuk Mahasiswa Semester 9 Program Sarjana dan Semester 7 Program D3

redaksi

Adakan Survei, PEMA FISIP USU Inisiasi Gerakan Keadilan UKT

redaksi

APM Medan Sukses Gelar Nonton Bareng “KINIPAN”

redaksi