SUARA USU
Film

Serial Korea D.P., Bawakan Kisah Senioritas dan Perundungan dalam Instansi Militer Korea Selatan

Oleh: Evita Sipahutar

 

Suara USU, Medan. Salah satu serial Korea berjudul D.P. sedang hangat dibahas akhir-akhir ini. Serial Korea D.P. memiliki 2 musim dengan tiap musimnya terdiri dari 6 episode. Serial ini berhasil mendapatkan apresiasi dari para pecinta serial Korea karena tiap episodenya membawakan kisah yang berbeda-beda.

D.P. membawakan cerita tentang kegiatan wajib militer yang umumnya wajib diikuti oleh setiap laki-laki berkewarganegaraan Korea Selatan di Negara Korea Selatan. Serial ini menyinggung banyak hal termasuk senioritas, perundungan, pelecehan, dan permainan para atasan yang membuat banyak tentara melarikan diri dan bersembunyi.

An Jun-Ho, pemeran utama dalam serial ini, baru saja memasuki masa wajib militernya namun sudah menerima banyak tekanan dan perlakuan senioritas serta perundungan dari atasannya. Ia tidak tahan menghadapi penyiksaan hingga akhirnya menerima tawaran menjadi anggota deserter pursuit (tentara yang ditugaskan melacak anggota militer yang kabur dari barak) dan bertemu dengan rekannya Han Ho-Yeol.

Pada musim pertama, penonton diajak untuk melihat pengaruh buruk dari sikap senioritas yang dapat mengubah para tentara junior ke arah yang lebih buruk. Selain itu, adanya perundungan bahkan menambah pengaruh buruk yang diterima para tentara junior hingga mengalami tekanan mental yang berat.

Pada musim kedua, serial ini menunjukkan dampak dari perlakuan yang telah diterima para tentara junior di musim pertama. Melihat dampak dari perlakukan ini, pemerintah memilih untuk tidak ikut campur melainkan memanipulasi kasus-kasus yang ada dalam departemen-departemen militer.

Akibat perilaku senioritas dan perundungan yang dialami, An Jun-Ho dan Han Ho-Yeol berusaha untuk memecahkan permasalahan dengan mencari tentara yang melarikan diri. Mereka memiliki keinginan yang kuat untuk mengubah dan membantu mengatasi permasalahan yang ada dalam lingkup militer walaupun tidak mudah dan penuh tantangan.

Saat ini, senioritas dan perundungan masih sering terjadi bahkan di lingkungan kampus. Permasalahan seperti ini dapat memberikan dampak kepada mental mahasiswa yang dapat mengganggu proses perkuliahan.

Serial ini memberikan banyak pembelajaran dari akibat-akibat yang bisa saja terjadi jika seseorang menerima perlakuan senioritas dan perundungan. Serial ini secara lengkap dapat ditonton pada platform Netflix. Jadi gimana nih, apakah Sobat Suara USU memiliki keinginan yang sama seperti An Jun-Ho?

 

Redaktur: Anggie Syahdina Fitri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

World War Z, Ketika Zombie Menguasai Dunia

redaksi

Mitos Lama Waktu Maghrib Kembali Menggema!

redaksi

The Creator: Perang Manusia dan Robot di Masa Depan

redaksi