SUARA USU
Opini

Situs kawalpemilu.org Hadir Kembali, Kamu Bisa Pantau Perhitungan Suara Pemilu 2024

Reporter: Anjali Simanjuntak
Suara USU, Medan. Seiring menjelang hari Pemilihan Umum Presiden 2024 yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024, masyarakat termasuk mahasiswa yang ingin turut serta mengawal pemilu 2024 dapat ikut serta dengan menjadi salah satu pengguna dari situs untuk mengawal pemilu yang jujur dan terbuka salah satunya adalah situs KawalPemilu. Masyarakat dapat mengunggah foto hasil perolehan pemungutan suara sesuai dengan lokasi TPS, meski tidak terlibat dalam kepanitiaan seperti anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan lain sebagainya.

Situs kawalpemilu.org adalah proyek urun daya (crowdsourcing) yang didirikan netizen Pro-Data Indonesia pada tahun 2014. Tujuannya adalah untuk menjaga suara rakyat dalam Pemilihan Umum melalui penggunaan teknologi yang memungkinkan melakukan perhitungan secara nyata (real count) secara akurat. Situs kawalpemilu.org ini dapat berfungsi sebagai wadah untuk mencocokkan data dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai ke tingkat nasional, dimana situs ini turut mengikutsertakan masyarakat termasuk mahasiswa untuk bekerja sama dalam mengawasi penghitungan suara.

Berikut adalah tata cara penggunaan dari situs KawalPemilu:
1) Login akun google di kawalpemilu.org
2) Cari TPS yg diinginkan (Provinsi, Kota/Kabupaten ,Kecamatan, Kelurahan, scroll Nomor TPS)
3) Klik “Saya Jaga TPS ini” (masyarakat dapat memilih lebih dari 1 TPS)
4) Di Hari-H, pilih kamera untuk memotret Form C-1 PilPres (menunjukkan nomor TPS dan lokasinya (kelurahan, kecamatan), beserta angka perolehan tiap pasangan calon disertakan dengan simbol turusnya)
5) Kemudian isikan angka perolehan tiap paslon dan unggah foto sesuai TPS
6) Pastikan kembali agar mengunggah di kolom TPS yang tepat

Menurut KawalPemilu, semakin banyak orang yang mengunggah foto dari TPS semakin bagus. Karena akan mewujudkan transparansi di TPS tersebut. Selain bisa mengunggah di TPS setempat, masyarakat juga bisa mengunggah foto form C.HASIL-PPWP halaman 2 dari TPS lainnya.

Bagi masyarakat yang telah menjadi salah satu pengguna dari situs ini, diharapkan dengan teliti untuk menggunggah foto hasil pemungutan suara dan diwajibkan agar menyertakan foto dengan hasil yang telah ditandatangani oleh panitia KPPS dan saksi yang ikut serta, tidak lupa juga agar mengunggah sesuai dengan lokasi TPS yang dikawal.

Dengan diikutsertakannya masyarakat Indonesia dalam mengawal pemilu 2024 ini tentu dapat menjadi salah satu antisipasi agar menghindari terjadinya kecurangan pemilu yang dapat merugikan banyak pihak di kemudian hari. Melalui situs ini, diharapkannya dapat tercermin Negara Republik Indonesia yang bersifat demokrasi dengan prinsip dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Redaktur : Feby Simarmata


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pelestarian Budaya Panjat ‘Sumber’ Setiap Akhir Pekan

redaksi

Mengapa Profesi Guru Kian Kurang Diminati oleh Generasi Muda?

redaksi

Wakil Ketua Umum MPMU, Joel: FISIP Gagal Jadi Barometer Demokrasi

redaksi