SUARA USU
Kabar Kampus

Telah Dibuka, Bright Scholarship: Beasiswa bagi Mahasiswa Baru S1 dan D4

Penulis: Endang Tia Risha 

Suara USU, Medan. Pendaftaran Beasiswa Bright 9 telah resmi dibuka. Pendaftaran dapat dilakukan secara online di https://brilianscholarship.id/bright/pendaftaran, dengan batas pendaftaran sampai 1 Oktober 2023. Tak perlu khawatir, karena Universitas Sumatera Utara telah bermitra dengan Yayasan Baitu Maal BRILiaN.

Bright Scolarship adalah inisiatif revolusioner yang bertujuan untuk memberikan bantuan finansial kepada mahasiswa baru yang memiliki potensi tinggi tetapi mungkin menghadapi keterbatasan keuangan. Program ini adalah sebuah terobosan yang memungkinkan generasi muda untuk mengejar impian akademik mereka tanpa beban finansial yang berat.

Satu hal yang membedakan Bright Scholarship adalah fokusnya pada mahasiswa semester pertama yang beragama muslim dan dapat membaca Al-Qur’an. Program ini hanya diperuntukkan bagi PTN yang bermitra dengan Yayasan Baitu Maal BRILiaN selaku penyedia program beasiswa ini. YBM BRILiaN (d/h YBM BRI) merupakan Lembaga Filantropi Islam yang mengelola dana zakat, infak dan sedekah yang dilaksanakan secara professional sesuai dengan UU No. 23 tahun 2011, Keputusan Menteri Agama dan fatwa DSN MUI.

Selain kriteria akademik yang ketat, program ini juga mempertimbangkan komitmen dan motivasi yang kuat dari para calon pendaftar terhadap pengembangan diri dan mampu berprestasi. Hal ini memungkinkan para selektor untuk memilih individu yang tidak hanya unggul di bidang akademik, tetapi juga memiliki pengalaman berorganisasi.

Selain itu, Beasiswa Bright tidak hanya memberikan bantuan UKT, Bright Scholarship juga memberikan tunjangan hidup bulanan plus beberapa pelatihan soft skill.

Dengan meluncurnya Bright Scholarship, terbuka pintu baru menuju pendidikan tinggi berkualitas bagi mahasiswa baru 2023. Program ini adalah tonggak penting dalam menghapuskan hambatan finansial yang mungkin menghalangi potensi besar dari generasi penerus.

Dilansir dari website resmi YBM BRILiaN, berikut syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar Beasiswa Bright 2023.

1. Mengisi formulir pendaftaran

2. Membuat personal statement

3. Scan/foto slip pembayaran kuliah

4. Scan/foto Kartu Keluarga (KK)

5. Scan/foto salah satu dokumen diantara berikut: surat keterangan penghasilan orang tua/ wali atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau peserta Program Keluarga Harapan (PKH) atau SKTM yang dapat dibuktikan kebenarannya yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/ Kepala Dusun/ Instansi tempat orang tua bekerja/ tokoh masyarakat/ pihak lainnya yang dapat dipertanggungjawabkan.

6. Foto rumah tampak depan

7. Scan/foto sertifikat atau penghargaan (jika ada)

Redaktur: Taty Kristina

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Ketua Umum Pengurus Komisariat HIMALA USU Tegaskan Dukungan pada PB HIMALA yang Dipimpin Muhammad Wahyu Hidayah, S.H.

redaksi

Kuliah Kerja Nyata di Tengah PPKM

redaksi

Menuju Indonesia Emas 2045, IMK FMIPA USU Gelar Webinar Bertajuk Optimalisasi SDGs

redaksi