SUARA USU
Film

The Glory Sajikan Aksi Balas Dendam Bagi Pelaku Perundungan

Oleh: Hanna Letare

Suara USU, Medan. The Glory merupakan drama Korea yang digarap oleh Ahn Gil Ho dengan Kim Eun Sook sebagai penulis naskah yang menayangkan kekerasan di sekolah, rumah tangga, dan berbagai trauma di masa lalu. Drama Korea ini resmi tayang 30 Desember 2022 di Netflix dan dibintangi oleh sederet aktor dan aktris Korea Selatan, yaitu Song Hye Kyo, Lee Do Hyun, Lim Ji Yeon, Jun Sung Il, Park Sung Hoon, Kim Hieora, Cha Joo Young, Kim Gun Woo, Yum Hye Ran.

The Glory menampilkan perbedaan antara murid yang berkuasa penuh dan murid lain yang tak memiliki kuasa atau pelindung di sekolah. Song Hye Kyo (Moon Dong Eun) selaku tokoh utama berperan sebagai korban perundungan di sekolahnya. Dong Eun juga mendapat kekerasan yang bertubi-tubi yang cukup sadis dari teman-temannya yang kejam. Kondisi tersebut diperburuk dengan guru dan kepala sekoah yang lebih tunduk kepada sponsor dan gagal melindungi muridnya sendiri. Dong Eun justru mendapatkan perlakuan yang buruk dari gurunya sendiri saat berusaha meminta bantuan.

Tidak tahan dengan semua perlakuan yang diterimanya, akhirnya Dong Eun memutuskan berhenti sekolah dan berniat untuk membalas dendam dengan caranya sendiri. Awalnya, Dong Eun merasa terpuruk dan trauma atas perundungan yang menimpanya. Namun, dia kembali bangkit dan menjadikan pelaku utama perundungan sebagai tujuan hidupnya. Tak tangung-tanggung, ia mempertaruhkan seluruh hidupnya untuk membalas dendam.

Dengan penuh perjuangan, Dong Eun berusaha mengumpulkan uang, informasi, dan merencanakan strategi balas dendam yang sangat teliti. Sampai tiba waktu pembalasan dendam, tanpa rasa takut walaupun masih menyimpan trauma, ia menjalankan aksi balas dendamnya satu persatu.

The Glory menyentil para pelaku perundungan beserta orang-orang yang hanya diam dan menonton selama kekerasan tersebut terjadi. Drama Korea ini juga menampilkan moralitas dan humanisme di kehidupan nyata. Aksi pembalasan dendam yang dikemas dalam drama The Glory merupakan kritik atas kebobrokan sistem di lembaga pendidikan hingga penegak hukum.

Netflix telah mengonfirmasi bahwa The Glory dipastikan akan diproduksi selama 2 musim, yang terdiri dari 8 episode per musimnya. Musim ke-2 akan tayang pada Maret 2023. Bagaimana kelanjutan cerita balas dendam Moon Dong Eun? Akankah ia berhasil? Saksikan cerita kelanjutannya hanya di Netflix.

Redaktur: Azka Zere Erlthor

Related posts

A+: Kisah 5 Remaja SMA dengan Otak Jenius

redaksi

Narco-Saints : Ketika Kepercayaan Menjadi Jebakan

redaksi

Film Dune (2021): Setengah Keseruan Fantasi Villeneuve

redaksi