SUARA USU
Kabar Kampus

Wisuda USU Periode III : Mewujudkan Alumni Inovatif Dan Kolaboratif

Reporter : Zalfaa Tirta/Jerri Valdo

Suara USU, Medan. Universitas Sumatera Utara telah melaksanakan serangkaian acara wisuda periode ke-III Tahun Ajaran 2023/2024.
Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos M.Si. selaku Rektor Universitas Sumatera Utara secara resmi membuka Upacara Wisuda yang dilaksanakan di Gedung Auditorium USU pada 21-22 Mei 2024. Wisuda Periode ke-III yang berlangsung selama dua hari dengan rangkaian acara pada hari pertama dimulai dengan acara pemanggilan dan penyerahan ijazah kepada setiap wisudawan, kemudian hari selanjutnya dikuti dengan upacara pelantikan wisudawan dan pemindahan tali toga serta pembacaan Tri Marga USU yang diwakili oleh Farhan Pane wisudawan dari fakultas hukum.

Didapatkan total 2211 wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan kegiatan studinya. Dimana 859 orang (38,85%) laki-laki dan 1352 orang (61,15%) perempuan, dari data wisuda priode sebelumnya yakni periode ke-II jumlah wisudawan perempuan tetap yang mendominasi banyaknya wisudawan hingga saat ini.

Sebanyak 1461 wisudawan Program Sarjana, 302 dari mereka bergelar cumlaude dengan rincian 79 orang dari fakultas kedokteran, tiga orang dari fakultas hukum, empat orang dari fakultas pertanian, empat orang dari fakultas farmasi, lima orang dari fakultas kehutanan, 38 orang dari fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, 22 orang dari fakultas kesehatan masyarakat, dan tujuh orang dari fakultas teknik, 28 orang dari fakultas ekonomi, 65 orang dari fakultas kedokteran gigi, sembilan orang dari fakultas ilmu budaya, enam oeang dari fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, 17 orang dari fakultas psikologi, 14 orang dari fakultas ilmu komputer dan teknologi informasi, serta satu orang dari fakultas vokasi.

Terdapat juga 56 orang wisudawan program doktor 2 orang bergelar cumlaude, 287 orang program magister dan 39 orang bergelar cumlaude, 21 orang wisudawan magister dan pendidikan dokter spesialis, 38 orang program dokter jenjang magister, 267 orang wisudawan pendidikan profesi dan 140 orang bergelar cumlaude, serta 86 orang wisudawan diploma.

Dalam kesempatan kali ini Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos. M.Si. turut memberikan pidatonya yang berjudul “Future Skills and Macrorefundensial Distrupsi Global dan Permintaan Industri dari Lulusan Perguruan Tinggi“. Beliau mengatakan bahwa USU Future Design dirancang dengan strategi transformation, sustainability, and impactful. Produk Tri Dharma USU termasuk alumni akan di transformasikan melalui inovasi, kolaborasi interdisipliner dan berpikiran terbuka yang dilakukan secara terus menerus dan berdampak untuk kesejahteraan Indonesia.

Pada kesempatan yang sama pula, salah satu wisudawan dalam kata sambutannya menceritakan bagaimana peran keluarga dalam mendukung pendidikannya “Bagi saya dukungan Keluarga merupakan energi dan motivasi terbesar dalam hidup,” tutur Ulfa Khaulia salah satu wisudawan dari fakultas pertanian.

Wisuda kali ini turut menghadirkan Wakil Rektor USU, Sekretaris Universitas, Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatera Utara, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik, Ketua dan Sekretaris Guru Besar, Pimpinan PTN dan mitra kerja USU, para dekan fakultas, dan sekolah pasca sarjana beserta jajarannya.

Selamat kami ucapkan untuk para Wisudawan/Wisudawati Universitas Sumatera Utara periode ke-III semoga mampu menjadi alumni yang membangun keterampilan dan kemampuan baru untuk menghadapi perubahan.

Redaktur : Khalda Mahirah Panggabean 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pendaftaran Jalur Umum Duta Mahasiswa USU 2023 Resmi Dibuka

redaksi

Turun ke Sekolah Sebagai Aksi Nyata KSE USU dalam Gebyar KSE Mengajar

redaksi

Pelepasan Peserta PMM 2 dan IISMA 2022, Wakil Rektor I Harapkan Mampu Manifestasi Diri

redaksi