Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Film

5 Rekomendasi Film Tentang Pentingnya Pendidikan

Penulis: Siti Fatimah

Suara USU, Medan. Hari Pendidikan Nasional adalah salah satu hari yang sangat berkesan terutama bagi para pencari ilmu, dan Hari Pendidikan Nasional belum lama ini baru saja diperingati tepatnya pada, 2 Mei 2021.

Nah, buat sobat kampus yang bingung ingin streaming film bertema pendidikan, berikut adalah 5 rekomendasi film bertema pendidikan yang dapat membangkitkan semangat dan memotivasi kita dalam menuntut ilmu.

1. Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi

Sebuah film yang diadaptasi dari buku dengan judul sama yang ditulis oleh Andrea Hirarta, disutradarai langsung oleh Riri Riza. Film ini bercerita tentang Bu Muslimah yang mengajar tanpa mengharap imbalan. Pak Harfan yang sangat memotivasi, Lintang anak kurang mampu yang memiliki semangat belajar yang tinggi, dan Ikal sosok anak yang penuh optimis.

Dalam film ini mereka menunjukan bahwa keterbatasan bukanlah halangan dalam seseorang bisa bangkit dan maju. Hal ini terlihat dari sekolah tempat mereka menuntut ilmu yang terbilang jauh dari kata layak serta fasilitas yang tidak mendukung tetapi mereka tetap memiliki semangat yang tinggi demi mencapai perubahan dan kesuksesan.

2. Negeri 5 Menara (2012)

Negeri 5 Menara

Sebuah film garapan Kompas Gramedia Production bersama Million Pictures yang merupakan adaptasi dari novel dengan judul sama karya Ahmad Fuadi yang disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman. Film ini bercerita tentang Alif seorang anak sederhana yang baru saja lulus SMP di Maninjau dan melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren bersama teman-temannya.

Walau dengan berat hati dalam melanjutkan keinginannya, akhirnya di sana Alif bertemu dengan seorang ustaz bernama Salman yang sangat memotivasinya untuk pertama kalinya, “Man Jadda Wajada! yang artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah ia” kalimat inilah yang menjadi mantra dalam menambah semangat dan kegigihan Alif dan kelima temannya.

3. Sepatu Dahlan (2014)

Sepatu Dahlan

Salah satu film drama Indonesia, film ini terinspirasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Khrisna Pabichara yang diterbitkan oleh Noura Books, yang berisi kisah Dahlan Iskan, mantan Mentri BUMN, semasa kecil.

Dimana dalam cerita tersebut ketika Dahlan masih berusia anak-anak ia sangat menginginkan sepatu baru dan sepeda. Tetapi, saat itu ia tidak mampu membelinya. Dalam film ini juga menceritakan semangat Dahlan yang harus menempuh jarak yang sangat jauh, dengan bertelanjang kaki untuk bersekolah setiap harinya tanpa merasa putus asa dan mengeluh.

4. Mars: Mimpi Ananda Raih Semesta (2016)

MARS

Film ini adalah salah satu film yang diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Aishworo Ang dan disutradarai langsung oleh Sahrul Gibran. Film ini bercerita tentang seorang ibu bernama Tupon yang menjadi single parent setelah suaminya meninggal akibat kecelakaan, tanpa kenal lelah ia membesarkan anaknya Sekar Palupi untuk terus bersekolah.

Sang ibu yang buta huruf selalu membawa Sekar melihat alam semesta, Tupon selalu menunjukan lintang lantip (bintang yang cerdas), planet Mars. Mengatakan bahwa Sekar dapat kesana dengan ilmu pengetahuan. Pada akhirnya Sekar berhasil meraih gelar master dalam bidang astronomi di Oxford Univerisy, Inggris.

5. Rentang Kisah (2020)

Rentang Kisah

Film yang satu ini masih belum asing dan masih populer di telinga, film ini adalah salah satu film yang di produksi oleh Falcon Pictures dan disutradarai langsung oleh Danial Rifki. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama tahun 2017 karya Gita Savitri yang menceritakan pengalamannya selama tinggal dan belajar di Jerman.

Film ini memperlihatkan perjuangan mahasiswa dan mahasiswi Indonesia dalam beradaptasi dengan lingkungan baru yang berbeda dari negaranya sendiri, dan berusaha keras dalam mengahadapi berbagai masalah, seperti biaya hidup dan menahan rindu kepada keluarga. Tak lepas dari itu saja kadang Gita juga merasa putus ada dalam menuntut ilmu di negara asing tetapi ia tetap berusaha dan terus mencoba. Di sela-sela kesibukannya ia menjadi vlogger dan youtuber untuk menjadi tambahan biaya hidupnya disana.

Redaktur: Wiranto Asruri Siregar

Related posts

June & Kopi, Film yang Menceritakan Persahabatan Anjing dan manusia

redaksi

Quarantine Tales, Serial Pendek Indonesia tentang Pandemi

redaksi

5 Rekomendasi Film Semangat Perjuangan Buruh

redaksi