SUARA USU
Film

Ada Apa Dengan Cinta? : Cerita Cinta, Luka dan Bahagia

Oleh : Nyangono Belinga Isabelle

Suara USU, Medan. Film Ada Apa Dengan Cinta? atau yang lebih dikenal dengan AADC adalah film yang tayang pada tahun 2002 dan memiliki sekuel dengan judul yang sama, yaitu AADC 2 pada tahun 2016. Film AADC tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Film dengan genre romance-drama ini pernah menjadi perbincangan hangat pada masanya. Meskipun AADC memiliki rata-rata rating 7.5/10 untuk kedua filmnya, film ini berhasil mendapatkan 5 penghargaan di ajang Festival Film Indonesia.

Film ini bercerita tentang percintaan remaja SMA yang dibintangi oleh Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra). Selain Dian Sastro dan Nicholas Saputra, film Ada Apa Dengan Cinta juga menampilkan Titi Kamal (Maura), Sissy Pricillia (Milly), Adinia Wirasti (Karmen), hingga Ladya Cheryl (Alya) yang berperan sebagai teman satu geng Cinta.

Film karya Rudy Soedjarwo yang diproduseri oleh Mira Lesmana dan Riri Riza ini menceritakan awal pertemuan antara Cinta dan Rangga yang bermula saat mereka mengikuti lomba puisi di sekolah. Karena Cinta adalah pengurus mading di sekolahnya, ia ingin mewawancarai Rangga yang menjadi pemenang lomba puisi. Tetapi, sifat Rangga yang cuek dan dingin membuat Cinta kesulitan untuk dimintai wawancara.

Di awal film, mereka sering beradu pendapat karena karakter mereka yang jauh berbeda. Tetapi seiring berjalannya waktu, mereka menjadi dekat karena sama-sama menyukai karya sastra. Sayangnya, karena kedekatan Cinta dan Rangga membuat hubungan Cinta dan teman-temannya menjadi renggang.

Saat Rangga akan pindah ke luar negeri, Rangga menghubungi Cinta untuk berpamitan, tetapi karena Cinta masih menjauh dari Rangga, ia tidak menjawab telepon tersebut. Cinta akhirnya menyadari perasaannya kepada Rangga dan mengejar Rangga ke Bandara agar membatalkan kepergiannya. Tetapi Rangga tetap pergi dan meninggalkan Cinta. Namun, Rangga memberi Cinta buku yang di halaman terakhirnya terdapat puisi yang diciptakannya berjudul “Ada Apa Dengan Cinta”. Rangga juga berjanji untuk kembali.

Setelah 14 tahun lamanya mereka berpisah, Rangga dan Cinta kembali bertemu di Ada Apa Dengan Cinta 2. Mereka sudah memiliki kehidupan masing-masing setelah lulus SMA dan Cinta sukses menjalani kehidupannya di Jakarta sebagai pemilik cafe mini dan juga sudah bertunangan dengan Trian (Aryo Bayu). Sedangkan Rangga melanjutkan kehidupannya di New York sebagai pemilik kedai kopi.

Film Ada Apa Dengan Cinta sangat sederhana dan romantisnya tidak berlebihan. Film ini juga cocok ditonton untuk kamu yang sedang kasmaran. Lalu apa yang terjadi setelah 14 tahun Cinta dan Rangga berpisah dan akhirnya bertemu kembali?

Bagi yang penasaran, kamu bisa langsung menonton film Ada Apa Dengan Cinta 1 & 2 di platform legal yang tersedia yaa! Film ini dapat ditonton di Netflix, Disney+, dan di aplikasi lainnya.

Redaktur : Elnada Nadhira Saleh


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Fight Club, Memberikan Pemahaman Mendalam Tentang Keadaan Manusia dan Masyarakat Kontemporer

redaksi

12th Fail: Kisah Kejujuran dan Integritas dalam Meraih Impian

redaksi

Pendidikan dan Nilai Kemanusiaan dalam Drama Law School

redaksi