SUARA USU
Film

Akiyoshi Rikako, Ratu Novel Misteri dari Jepang

Penulis: Komariah Balqis

Suara USU, Medan. Bagi penggemar novel bertema Misteri, nama Akiyoshi Rikako mungkin sudah tidak asing didengar. Akiyoshi Rikako adalah seorang penulis dari jepang yang buku-bukunya sudah banyak diterjemahkan ke berbagai Bahasa.

Akiyoshi menempuh Pendidikan di Universitas Waseda, Fakultas Sastra dan mendapat gelar master dalam bidang layar lebar dan televisi dari Universitas Loloya Marymount, Los Angeles.

Pada tahun 2008, Akiyoshi Rikako memenangkan penghargaan sastra Yahoo! JAPAN yang ketiga untuk cerpennya yang berjudul Yuki No Hana. Pada tahun 2009, Akiyoshi debut dengan kumpulan cerpen yang berjudul yuki no hana. Tak hanya itu, salah satu novelnya yang berjudul Ankoku Joshi sudah diadaptasi ke layar lebar.

Sejauh ini ada sembilan novel yang sudah diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, yaitu Absolute Justice, Girls In The Dark, Memory of Glass, Scheduled Suicide Day, Holy Mother, The Dead Returns, Silence, Giselle, dan Burning Heat.

Akiyoshi tidak membuat ceritanya bertele-tele. Setiap kisah dari novelnya dituliskan secara padat dan apik dengan mempertahankan kesan horrornya. Tak hanya itu, Akiyoshi selalu mempunyai cara untuk mengakhiri ceritanya dengan plot yang tidak pernah disangka-sangka.

Proses pembuatan setiap novelnya juga sangat detail agar ceritanya masih bisa diterima oleh akal sehat. Akiyoshi biasanya melakukan riset untuk mendukung ceritanya. Mulai dari mencari informasi secara pribadi sampai berkonsultasi kepada ahli seperti dokter, ahli hukum, dll.

Meskipun novel Akiyoshi didominasi dengan hal yang menyeramkan seperti bunuh diri dan pembunuhan, namun pesan moral dari cerita tersebut ditampilkan secara lugas. Menurut Akiyoshi hal itu sengaja menjadi poin penting dari setiap novelnya bahwa tidak pernah ada orang yang seutuhnya salah dan seutuhnya baik.

“Benar atau salahnya pilihan yang diambil para tokoh pada akhirnya tidak bermaksud mendikte pembaca, tapi mengajak pembaca menikmati dan mendiskusikan jalan cerita dengan tetap saling menghormati dan menghargai satu sama lain,” tutur Akiyoshi Rikako dikutip dari Nawala Karsa.

Apabila tertarik untuk membaca novel karya Akiyoshi Rikako, teman-teman bisa mendapatkannya di toko buku Gramedia, ataupun website resmi penerbit Haru.

Redaktur: Zukhrina Az Zukhruf


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Sajikan Alur Cerita Penuh Inspirasi, Inilah Film Soul yang Miliki Banyak Keistimewaan

redaksi

Series Lupin, Pencuri Bermotif Dendam

redaksi

Umma: Horor Tentang Masa Lalu

redaksi