SUARA USU
Kabar SUMUT

Angkat Topik Public Speaking, SMP Harapan 2 Medan Adakan Bincang Bersama Duta Utama Putri Mahasiswa USU

Reporter : Muhammad Yandi Hasibuan

Suara USU, Medan. SMP Harapan 2 Medan telah melaksanakan diskusi bersama alumni sekolah pada Selasa, (07/03). Diskusi yang berlangsung secara daring melalui live streaming akun instagram SMP Harapan 2 Medan ini mengangkat tema tentang public speaking. Dengan alumni yang menjadi narasumber bernama Fara Lubis, seorang duta utama putri mahasiswa USU 2022.

Acara bincang-bincang bersama alumni SMP Harapan 2 Medan merupakan program yang bertujuan untuk menambah wawasan, berbagi pengalaman, serta menambah cakrawala pengetahuan kepada khalayak umum, terutama siswa/i SMP Harapan 2 Medan yang masih aktif.

Topik yang diangkat yaitu mengenai jago public speaking, dimana pada kesempatan kali ini Fara Lubis mengulik bagaimana cara supaya terampil dalam public speaking. Diskusi ini diawali dengan pembukaan oleh moderator yang merupakan siswi dari SMP Harapan 2 Medan.

Fara Lubis memaparkan bahwa public speaking sangat penting, karena melalui public speaking kita dapat menyalurkan ide-ide atau gagasan terhadap suatu hal yang akan dibahas. Perlunya mengolah kata-kata agar meyakinkan orang lain, sehingga terlihat pentingnya hal yang ingin dibicarakan. Selain itu, dengan public speaking kita dapat membimbing ataupun menginfluence ­para pendengar.

“Menurut aku, public speaking ga hanya berbicara di depan orang banyak, tetapi apa informasi yang bisa kita sampaikan pada orang, seberapa penting informasi tersebut,” tutur Fara.

Duta utama putri mahasiswa USU 2022, mengungkapkan bahwa terdapat 3 aspek penting yang perlu diperhatikan saat ingin ber-public speaking.

“Ada 3 aspek yang sangat penting, yang pertama adalah practise ataupun latihan, prepare ataupun perisapan kita, dan juga yang terakhir perform, kita juga bisa menulis poin-poin penting yang nantinya akan kita sampaikan, jadi ngga ada yang miss dalam apapun yang akan disampaikan.” Ungkap Fara.

Fara juga mengungkapkan bahwa kemampuan public speaking bukanlah suatu hal yang teoritis melainkan seberapa sering kita bertemu dan mendengar orang lain berbicara.

“Harapan aku kedepannya semoga temen-temen yang mungkin belum terlalu jago dipublic speaking, keep doing that, perbanyak latihan juga dan perbanyak hal-hal yang bisa ningkatin public speaking kamu, dan lakuin 3 hal yang aku bilang practice, prepare, dan juga perform serta konsisten. Semangat semuanya!” tutup Fara.

Siswi SMP Harapan 2 Medan, Bina mengatakan bahwa belajar public speaking harus sedini mungkin, apalagi saat pembelajaran akan ada banyak presentasi yang ditujukan untuk umum dan di ruang kelas. Dari presentasi di kelas yang diiringi dengan kepercayaan diri, nantinya skill public speaking akan terlatih dan akan terbiasa berbicara di depan audience.

Bina berpesan harus lebih percaya diri dan banyak berlatih untuk terbiasa melakukan public speaking, apalagi public speaking adalah salah satu skill yang harus dikuasai setiap orang. Bina juga berharap agar dirinya serta orang-orang dapat lebih bagus di bidang public speaking kedepannya.

Redaktur : Taty Kristina Malau

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Parlemen Goes To Campus Hadirkan Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara

redaksi

Ketua Umum Pengurus Komisariat HIMALA USU Tegaskan Dukungan pada PB HIMALA yang Dipimpin Muhammad Wahyu Hidayah, S.H.

redaksi

Kejar Mimpi Medan Ajak Panti Asuhan Cinta Kasih untuk Memeriahkan HUT RI ke-78

redaksi