SUARA USU
Musik

Atlantis Karya Seafret, Representasi Dunia yang Indah

Oleh : Daud Edward

Suara USU, Medan. Akhir-akhir ini, lagu berjudul Atlantis karya Seafret sedang viral di platform media sosial, terutama tiktok. Banyak pendengar lagu ini merasa bahwa lagu ini sangat mirip dengan kisah cinta mereka, bahkan ada yang merasa sedih saat mendengar lagu ini.

Dirilis pada tahun 2015, lagu Atlantis berhasil membuat para pendengar tersentuh walau tak merasa sedih atau patah hati, bahkan lagu ini memuncul pertanyaan ‘apakah makna lagu Atlantis hanya sebatas percintaan saja atau ada makn lain didalamnya?’

Kita sering mendengar lagu karya Seafret ini, namun apa arti dari “Atlantis” dalam lagu ini?

Atlantis adalah sebuah pulau fiksi, tapi bagi sebagian orang adalah mitos. Ada yang mempercayainya pulau itu dulu ada, tetapi sekarang telah menghilang tenggelam di lautan yang luas. Atlantis digambarkan sebagai kota yang sangat indah, kaya, dan subur.

Seafret menjadikan kata “Atlantis” sebagai representasi untuk mengambarkan dunia yang indah. Kata atlantis dalam lagu ini sendiri mempunyai makna dan gambaran yang luas,  bisa menggambarkan tentang seseorang yang kita sayangi atau tentang masa-masa indah yang kita lalui.

Namun, tidak jauh berbeda dengan cerita fiksinya dimana Atlantis itu tenggelam di lautan yang luas, pada lagu ini pun diceritakan bahwa seseorang itu tidak dapat melindungi Atlantis yang telah susah payah dia bangun.

I can’t save us, my Atlantis, we fall
We built this town on shaky ground
I can’t save us, my Atlantis, oh, no
We built it up to pull it down

Dalam video klip resmi lagu ini, banyak orang memaknai lagu Atlantis-Seafret ini sebagai kisah tentang kehilangan kepolosan dan tumbuh dewasa menghadapi dunia nyata dimana semuanya tidak selalu baik-baik saja. Ini tentunya membuat lagu ini semakin relate dengan kehidupan kita (takut tambah dewasa).

Selain makna tentang kehilangan momen-momen masa muda yang indah,  makna lagu “Atlantis” ini adalah tentang kehilangan sosok yang sangat kita sayangi, tapi kita tidak bisa membuatnya kembali bersama kita sama seperti membangun Pulau Atlantis itu kembali (memperbaiki hubungan) karena sesuatu yang telah diucapkan pada dasarnya tidak bisa ditarik kembali.

Cause in my heart and in my head

I’ll never take back the things I said

So high above, I feel it coming down

She said, in my heart and in my head

Tell me why this has to end

Makna lagu Atlantis dari Seafret ini bisa dimaknai lebih luas lagi. Karena lagu ini dapat dimaknai tergantung kondisi pendengarnya.

Redaktur : Valeshia Trevana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Belajar Menerima Diri Sendiri Lewat Lagu Scars to Your Beautiful

redaksi

Eksplorasi Emosi dan Kesehatan Mental dalam Lagu Numb Little Bug, Relate dengan Mahasiswa Akhir Loh!

redaksi

Manusia Kuat, Motivasi Buat Mereka yang Merasa Lemah

redaksi