SUARA USU
Kabar Kampus

Berakhir Gantung! Berikut Hasil Audiensi Rektorat dan Perwakilan BEM USU Terkait Kenaikan UKT

Reporter: Khaira Nazira, Muhammad Fathur Ammar

Suara USU, Medan.  Direktorat Prestasi, Mahasiswa, dan Kealumnian Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan audiensi dengan Badan Eksekusif Mahasiswa (BEM) Sekawasan USU mengenai kenaikan UKT di Ruang Rapat TTU, Lantai 3, Biro Rektorat pada Senin (13/05/2024). Pihak rektorat memberikan transparansi alasan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan membuka diskusi dengan anggota BEM Sekawasan.

Audiensi dibuka oleh Wakil Rektor 1 Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A. bersama perwakilan BEM USU yang dipimpin oleh Ketua BEM USU, Aziz Syahputra. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari aksi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa pada 8 Mei 2024 menolak kenaikan UKT.

Emerson Pascawira Sinulingga, Ph.D., Direktur Direktorat Digitalisasi dan Integrasi Sistem, didampingi Kasubbag Dana Masyarakat, Erjan Fikri Antari, A.Md., dan beberapa pejabat lainnya, memberikan penjelasan terkait transparansi kenaikan UKT. Emerson menyatakan bahwa rektorat menghargai kebebasan berbicara mahasiswa dan mendukung diskusi kritis mengenai kebijakan ini.

“Kita apresiasi, kami sangat menyenangi yang namanya kebebasan berbicara kemudian kemampuan mahasiswa untuk berpikir secara kritis, itu yang kita apresiasi dan kita fasilitasi dan kemudian kita laksanakan dengan data dukungan sehingga terbuka semua yang menjadi problematika, menjadi keraguan dan kebimbangan di publik untuk kemudian kita harapkan mahasiswa dapat mengedukasi dan mengasistensi apa yang menjadi keraguan dan kegalauan yang ada di publik,” ucap Emerson Pascawira saat diwawancarai (13/5/24).

Rektorat menjelaskan bahwa kenaikan UKT merupakan penyesuaian dari peraturan Kemendikbud Ristek No. 54/P/2024 tentang Besaran Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi. Dalam peraturan tersebut, setiap PTN memiliki biaya operasional berbeda tergantung wilayah dan akreditasi. Mahasiswa yang kurang mampu akan dikelompokkan ke dalam golongan UKT 1-3 dan direkomendasikan menerima KIP-K, yang ditargetkan untuk 30% mahasiswa reguler.

Selama audiensi, terjadi diskusi mengenai mahasiswa dan calon mahasiswa baru yang merasa UKT tidak sesuai dengan kemampuan ekonomi mereka. Rektorat menjelaskan bahwa pengelompokan UKT berdasarkan data seperti slip gaji, tagihan listrik, foto rumah, dan data ekonomi lainnya yang diinput saat pendaftaran. Emerson menyayangkan beberapa mahasiswa yang tidak teliti atau memanipulasi data, yang berpengaruh pada penggolongan UKT.

“Mahasiswa bisa mengajukan banding ke Helpdesk jika keberatan dengan golongan UKT yang diterima,” tambah Emerson Pascawira. Erjan Fikri Antari, Kasubbag Dana Masyarakat, juga menyarankan mahasiswa untuk proaktif memperbarui data di Helpdesk USU untuk diverifikasi ulang secara berkala.

Menanggapi solusi ini, perwakilan BEM sekawasan menyayangkan kebijakan rektorat yang terkesan mengulur waktu dan menyalahkan mahasiswa baru karena kesalahan mengisi data pendaftaran. “Menurut saya, ini tidak solutif. Seharusnya USU menyediakan Helpdesk dan informasi yang memadai untuk calon mahasiswa baru. Keresahan masyarakat dan mahasiswa terjadi karena kurangnya informasi dan transparansi,” ucap Andika Yudistira, Wakil Bidang Humas BEM USU.

Evan Sitompul, mahasiswa perwakilan Fakultas Hukum USU, juga menyampaikan komentarnya, “Dari audiensi tadi, secara garis besar pertanyaan dan keresahan mahasiswa mengenai kenaikan UKT belum terjawab dengan gamblang.”

Di akhir audiensi, kedua pihak baik dari rektorat dan perwakilan BEM USU sekawasan menerima hasil diskusi meskipun masih ada beberapa hal yang perlu dibahas lebih lanjut. Pertemuan lanjutan akan diadakan setelah Rektor USU Muryanto Amin kembali dari luar negeri. ” Audiensi lanjutan, pak Rektor akan ada, cuma kembali lagi nanti akan dijadwalkan oleh Direktorat Prestasi, Mahasiswa, dan Kealumnian, ” tutup Emerson.

Redaktur: Feby Simarmata


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

PEMA USU Jadi Tuan Rumah Rakerwil BEM SI SUMBAGUT 2021

redaksi

Alami Lonjakan Pendaftar, Mahasiswa USU Tak Dapat Kuota Vaksin Hari Ini

redaksi

Tingkatkan Pemahaman tentang Permedikbudristek No.30 Tahun 2021, PEMA FH USU Kolaborasi dengan GMNI FH USU Adakan Webinar

redaksi