SUARA USU
Kabar Kampus

Balai Bahasa Sumut Mantapkan Bahasa Indonesia di Media Kampus

Penulis : Irma Harani/ Kurniadi Syahputra

SUARA USU, Medan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Balai Bahasa Sumatera Utara (BBSU) menggelar acara Pemantapan Hasil Pemantauan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Indonesia untuk Media Kampus. Acara ini diadakan di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara pada kamis (28/11).

Acara ini menjadi salah satu daya tarik pers mahasiswa di Sumut yang mengundang 60 mahasiswa dari 20 media kampus yang berasal dari 14 Universitas yang ada di Sumatera Utara.

Maryanto, sebagai Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara menyebutkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia yang baik sangat penting dalam penyiaran.

“Salah satu aspek pembangunan manusia khususnya dibidang bahasa. Terutama yg bertanggung jawab dan mempunyai peranan penting pada media kampus. Media penyiaran kampus harus memahami dan mempelajari penggunaan bahasa dan kosa kata yg baik dan benar. Hal ini merupakan bentuk upaya Balai Bahasa berkontribusi pada dunia pendidikan Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Utara,” jelas Maryanto.

Dalam penjelasannya, Maryanto menegaskan bahwa lembaga pers dan penyiaran kampus merupakan ajang menumbuh kembangkan kemampuan mahasiswa untuk berfikir, bersikap lebih positif dan bertindak lebih ilmiah. Hal ini agar tidak memberitakan hal-hal negatif yang mengusik rasa kemanusiaan sebagai bangsa Indonesia. Untuk itu diperlukan insan pers dan penyiaran yang berkualitas dalam praktik berbahasa Indonesia sebagai simbol menuju pembangunan Indonesia.

Salah satu alumni Suara USU yang juga petinggi media cetak di Sumut, menyebutkan bahwa pers mahasiswa merupakan sarang untuk menyalurkan pikiran kritis.

“Pers mahasiswa yg baik adalah pers yg mampu tetap kritis dan idealis. Meskipun kita ketahui bersama bahwa sebagian besar pers mahasiswa yang ada pada kenyataannya masih disokong dana oleh birokrasi, tapi tidak membuat nilai-nilai dasar sebuah persma itu hilang,” tambah Maryanto.

Acara ini ditutup dengan Foto bersama dan pemberian penghargaan untuk media dan pers mahasiswa terbaik dalam hal penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Redaktur Tulisan : Riska Apsari

Related posts

Sandi Panjaitan Berwirausaha Dengan Modal Hanya 5 Ribu Rupiah

suarausu

IMM, Konsisten Tebar Kebermanfaatan di Masa Pandemi

redaksi

Adakan Volunteer Edu-Aksi, Kabinet Aksi Bersama Fakultas Psikologi USU Tingkatkan Kesadaran Sosial

redaksi