SUARA USU
Life Style Sosok

Berikut Tips Meningkatkan Jaringan Internasional bagi Mahasiswa ala Rafie 1080

Oleh: Afrahul Fadhillah Parinduri

Suara USU, Medan. Meningkatkan jaringan internasional bagi mahasiswa adalah sebuah langkah yang sangat penting. Karena meningkatkan jaringan internasional tidak hanya memungkinkan kita untuk memperluas wawasan dan pengalaman, tetapi juga membuka peluang yang luas dalam dunia pendidikan dan karier. Contohnya adalah saat berinteraksi dengan teman-teman dari berbagai negara dan budaya, mahasiswa dapat memperkaya pemahaman mereka tentang keragaman budaya, nilai-nilai, dan sudut pandang global.

Hal ini tentunya tidak hanya akan meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan yang beraneka ragam, tetapi juga memungkinkan untuk membangun hubungan dengan individu dari berbagai penjuru dunia yang pastinya memberikan dampak positif pada mahasiswa.

Muhammad Rafie Akbar, salah satu mahasiswa aktif hukum Universitas Sumatera Utara angkatan 2020 memberikan tips-tips kepada mahasiswa agar dapat meningkatkan jaringan internasional.

“Dari berbagai pengalaman yang saya jalani, saya mencatat perjalanan saya berpatokan pada beberapa hal. Berikut saya ingin berbagi beberapa tips terkait dengan bagaimana agar mahasiswa dapat meningkatkan jaringan ke internasional,” ungkap Rafie.

Yuk, simak tips-tipsnya!

  • Pelajari Setidaknya Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya

Tips pertama yaitu pelajari bahasa, setidaknya Bahasa Inggris. Seperti yang kita tahu, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sudah mendunia. Artinya, bahasa tersebut sudah menjadi bahasa internasional sebagai sarana komunikasi. Menguasai Bahasa Inggris tidak hanya membuka pintu bagi mahasiswa untuk berkomunikasi dengan banyak orang di seluruh dunia, tetapi juga memberikan akses lebih besar ke sumber daya pendidikan dan peluang karier global.

  • Ikuti Segala Kesempatan Perlombaan dan Pertukaran Mahasiswa Internasional yang Terbuka

Arti dari tips kedua ini adalah, selalu memanfaatkan setiap peluang yang tersedia dalam hal mengikuti kompetisi dan program pertukaran mahasiswa di kancah internasional. Kompetisi menunjukkan kemampuan dan keahlian, sementara pertukaran mahasiswa internasional membuka pintu untuk dapat berinteraksi dengan rekan-rekan internasional.  “Seminimalnya jika dalam perlombaan, jikapun tidak menang kita mendapatkan teman-teman baru,” ujar Rafie.

  • Ikuti Program Relawan dan Kegiatan Sosial

“Sebagai nilai tambah, program-program yang dilaksanakan oleh organisasi-organisasi internasional bisa dimulai dari program yang dilaksanakan di tanah air,” tutur Rafie.  Dengan mengikuti program relawan dan kegiatan sosial khusunya yang dilaksanakan di tanah air, setidaknya dapat menciptakan dasar dan membangun dukungan lokal sebelum beranjak ke ranah internasional.

  • Ikuti Konferensi ataupun Seminar Internasional

Tips keempat ala Rafie adalah mengikuti konferensi ataupun seminar berbasis internasional. Selain melatih diri secara akademis dan kemampuan komunikasi, tips ini juga membantu kita dalam menambah relasi mahasiswa yang sevisi dan semisi dengan kita.

  • Aktif dalam Media Sosial

Media sosial memang memiliki peran yang cukup penting. Dengan media sosial, kita dapat dengan mudah mengakses informasi terbaru dan relevan. Media sosial telah menjadi sumber berita, pembaruan, dan konten informatif yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Rafie juga menegaskan bahwa aktif dalam branding diri sangatlah penting. Karen, hal tersebut bisa menjadi portofolio yang dapat menguatkan apabila suatu saat mendapatkan kesempatan.

Selain tips-tips yang sudah disebutkan di atas, ternyata ada manfaat yang akan kita dapat jika meningkatkan jaringan internasional. Salah satunya adalah memiliki banyak relasi dan teman di luar negeri. Tentunya ini sangat membantu kita jika ada hal-hal yang mengharuskan kita berhubungan dengan mereka, baik saat kita sedang di negara lain ataupun membuka peluang untuk berkolaborasi jika kita seseorang yang suka berkarya dan bekerja sama.

Nah, itu dia tips-tips ala Rafie 1080 dalam meningkatkan jaringan internasional bagi mahasiswa. Semoga bermanfaat!

Redaktur: Yohana Situmorang


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Namira, Seorang Aktivis Lingkungan: Alam Juga Butuh Healing, Bukan Manusia Saja

redaksi

Rafi Alfarezi, Sosok Pemuda Religius dengan Jiwa Kemanusiaan Tinggi

redaksi

Tips Produktif Ala Nur Rahmi Aqilia, Mahasiswi Universitas Sumatera Utara dengan Segudang Prestasi

redaksi