SUARA USU
Kabar Kampus

Berproses Menjadi Generasi Muda Islam yang Tangguh Dengan UKMI Al-Falak FMIPA USU

Reporter: Agus Nurbillah

 

Suara USU, MEDAN. Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Al-Falak FMIPA USU melalui Departemen Kaderisasi secara resmi melaksanakan kegiatan Islamic Training-1 (IT-1) 2022 dengan tajuk “Membangun Generasi Muda yang Qur’ani dan Berakhlakul Karimah Sebagai Agen Dakwah di Era Modern”. Kegiatan yang dilaksanakan secara offline di Gedung Balai Diklat Pertanian Pemrovsu ini dilaksanakan sejak 21-23 Januari 2022 sebagai agenda tahunan yang dilaksanakan serta menjadi kegiatan tatap muka pertama selepas maraknya kasus Covid-19 beberapa waktu lalu.

Ari Pratama Putra, selaku Ketua Umum UKMI Al-Falak FMIPA USU saat kami wawancarai (22/01) menyebutkan kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa baru muslim FMIPA angkatan 2021 ini sebagai proses bersama untuk membina juga membimbing peserta dan para pengurus UKMI Al-Falak FMIPA USU agar memiliki kepribadian sebagai seseorang dengan kepribadian Islam yang tangguh.

“Kegiatan IT-1 ini menjadi sarana bagi kita untuk mempersiapkan diri menjadi agen dakwah yang mampu menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman di kehidupan sehari-sehari, khususnya di lingkungan kampus,” ungkap Ari.

Ari juga menambahkan, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan beberapa materi, FGD (Focus Group Discussion), muhasabah, hingga mancakrida di akhir acara. Selain itu, dirinya menyebutkan bahwa kegiatan IT-1 yang dilaksanakan secara offline di tahun ini lebih efektif dibandingkan online seperti yang terlaksana di tahun lalu, mengingat keterbatasan jarak serta follow up kegiatan peserta oleh instruktur yang tidak bisa dilakukan secara langsung, mulai dari pelaksanaan solat fardhu dan sunnah, Al Ma’ tsurat dan ibadah lainnya, hingga keaktifan dan keseriusan peserta dalam mengikuti rangkaian kegiatan.

“Saya berharap dari kegiatan ini para peserta memiliki kepribadian islam yang semakin baik sebagaimana tujuan diadakannya kegiatan ini, serta tidak sebatas mengikuti kegiatan IT-1 ini saja, tetapi lebih mendalam lagi, baik itu di kepanitiaan, kepengurusan, dan lainnya, serta mengikuti follow up dari kegiatan IT-1 ini,  juga mengikuti tahap-tahap IT di tingkat selanjutnya.” Tutur Ari selaku Ketua Umum UKMI Al-Falak FMIPA USU.

Terakhir, Ari juga berharap untuk ke depannya panitia harus lebih banyak belajar dan semangat dalam berproses karena nantinya juga akan mengadakan kegiatan lain. Di samping itu, dirinya juga mengapresiasi instruktur atas dedikasi serta pengorbanan dalam mengonsep kegiatan ini.

Redaktur: Zukhrina Az Zukhruf


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Webinar IMMM Bahas Kapitalisme Kebablasan dan Negara Kesejahteraan

redaksi

KOMPAS USU Ikut Serta dalam River Cleanup World 2021

redaksi

GMKI FISIP USU Rayakan Natal di Panti Asuhan

redaksi