SUARA USU
Kabar Kampus

Bertajuk The Power Of Communnication, 3 PEMA Sekawasan USU Adakan Seminar Nasional

Reporter: Hanna Letare, Nadya Nurhaliza, Evita Sipahutar

Suara USU, Medan. 3 PEMA Sekawasan USU berhasil menggelar eminar Nasional, The Power Of Comunnication Skill “Build Your Confidence in Public“ pada Minggu, (11/12).

Seminar ini diselenggarakan di Auditorium USU yang dihadiri oleh ribuan mahasiswa dari Universitas Sumatera Utara (USU), Politeknik Negeri Medan (POLMED), UIN Sumatera Utara (UINSU), dan Universitas Negeri Medan (UNIMED). Dikarenakan banyaknya mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti seminar ini, pelaksanaan seminar pun dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi 1 pada pukul 08:00 WIB dan sesi 2 pada pukul  13:00 WIB.

Seminar ini mengundang pembicara Angga Putra Suhadi Founder Inspirator Business, komika Ramos Ambarita (Alumni SUCA 4), M. Aziz Syahputra Gubernur FKG USU (2021-2022), M. Helvin Pasaribu Gubernur FKM USU (2021-2022), M. Husni Baihaqi Gubernur FH USU (2021-2022), dan M. Arsyad Bahri Gubernur FP USU periode (2021-2022).

“Sebelumnya seminar ini telah hadir di 5 kota di Sumatera Utara yaitu, Kota Tebing Tinggi, Kota Tanjung Balai, Kota Kisaran, Kota Batu Bara dan yang terakhir di Kota Medan,” ujar Angga Putra Suhadi.

Acara ini dimulai dengan pembukaan dari Nur Aisyah Sitorus sebagai MC, kemudian dilanjutkan oleh Angga Putra Suhadi sebagai pemateri yang menjelaskan materi mengenai public speaking. Dalam materi tersebut Angga menjelaskan mengenai permasalahan umum public speaking, teknik dalam public speaking, dan cara dalam public speaking. Selain belajar tentang public speaking dan praktek public speaking, seminar ini juga memberikan games yang menarik agar semua peserta antusias dengan kegiatan ini dan membuat kegiatan ini semakin meriah.

Kemudian acara dilanjutkan dengan talkshow yang menampilkan para gubernur diantaranya, M. Aziz Syahputra selaku Gubernur FKG USU (2021-2022), M. Helvin Pasaribu selaku Gubernur FKM USU (2021-2022), M. Husni Baihaqi selaku Gubernur FH USU (2021-2022), dan M. Arsyad Bahri selaku Gubernur FP USU periode (2021-2022) yang membahas tentang pentingnya skill komunikasi di generasi sekarang. Komunikasi yang efektif adalah komunikasi secara langsung agar membentuk relasi yang kuat dan meminimalisir hal-hal yang bersifat negatif.

Ada beberapa kutipan yang disampaikan oleh pembicara pada seminar nasional ini, salah satu diantaranya adalah “perubahan tidak akan datang dari kaki yang diam” yang dikatakan oleh Angga Putra Suhadi.

Aziz Syahputra sleaku pembicara dalam talkshow mengungkapkan, “ketika kita berkomunikasi dari digital melalui whatsapp hal yang paling sering terjadi adalah diskomunikasi, kenapa? karna ketika kita berkomunikasi melalui sosial media, kita tidak tahu emosional mereka bagaimana, perspektif mereka bagaimana,” ungkap M. Aziz Syahputra.

Acara seminar nasional ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada peserta yang aktif bertanya pada sesi talkshow dan peserta yang berani melakukan praktik public speaking bersama Angga Putra Suhadi selaku pembicara di seminar ini.

Redaktur : Yessica Irene

 

 

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kisah Ance, Mahasiswi Berprestasi USU Asal Papua

redaksi

Begini Alur Meminjam Buku di Perpustakaan USU, Mahasiswa Baru Harus Tahu!

redaksi

IMHU Humbahas Adakan Penggalangan Dana Untuk Korban Puting Beliung

redaksi