SUARA USU
Kabar Kampus

Career Expo USU 2024, Menjembatani Jobseeker dengan Perusahaan Ternama

Reporter : Jesika Yusnita Laoly/ Putri Aisyah Silalahi

Suara USU, Medan. Badan Pengembangan Riset Inovasi (BPRI) USU Enterprise dan Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) USU, bekerjasama dengan Level 7 Indonesia, sukses menyelenggarakan Career Expo USU 2024 di Gedung Gelanggang Mahasiswa USU pada tanggal 29-30 Mei 2024.

Acara tahunan ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para pencari kerja, baik fresh graduate maupun masyarakat umum di Medan dan sekitarnya. Rahmat Harun Harahap, salah satu panitia dari Career Expo USU 2024, menjelaskan bahwa acara ini bukan hanya terbuka untuk mahasiswa dan alumni USU saja, tetapi juga untuk umum. Tujuan utama dalam penyelenggaraan Career Expo USU ini yaitu sebagai wadah bagi para jobseeker untuk terhubung ke berbagai perusahaan ternama nasional yang membuka rekrutmen,” ungkap Rahmat.

Sebanyak 23 perusahaan dari berbagai bidang seperti keuangan, manufaktur, dan teknologi turut berpartisipasi dalam expo ini. Selain itu, beberapa perusahaan juga melakukan rekrutmen langsung di tempat. Untuk sistematika rekrutmen itu bervariasi tiap perusahaan. Ada yang menggunakan sistem walk-in interview seperti PT. Sulfindo Adiusaha, sementara yang lainnya memerlukan waktu untuk screening CV terlebih dahulu,” jelas Rahmat.

Disamping itu, Level 7 Indonesia, yang dikenal sebagai penyelenggara berbagai job fair di kampus-kampus, turut berperan penting dalam acara ini. “Level 7 sering bekerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk menggaet berbagai perusahaan yang berminat tergabung dalam job fair,” tambah Rahmat.

Selain pameran lowongan pekerjaan, Career Expo USU 2024 juga diisi dengan sesi seminar. Berbagai perusahaan memberikan presentasi untuk menjelaskan tentang perusahaan mereka dan menjawab berbagai pertanyaan dari para pencari kerja seputar proses rekrutmen.

Rahmat, yang juga merupakan mahasiswa semester akhir di USU, mengungkapkan rasa senangnya bisa menjadi volunteer di acara ini.Saya excited banget dan senang bergabung sebagai volunteer di Career Expo USU ini. Antusiasme dari para jobseeker sangat terlihat dengan jumlah peserta yang hadir mencapai 2000 orang,” ungkapnya.

Rahmat berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan lebih banyak perusahaan yang ikut serta di masa mendatang, mengingat banyaknya jumlah pencari kerja yang ingin segera berkarier.

Career Expo USU 2024 menjadi event yang mewadahi para pencari kerja di Medan dan sekitarnya untuk mendapatkan kesempatan karier yang lebih baik, sekaligus membantu perusahaan dalam menemukan talenta-talenta terbaik.

Redaktur : Balqis Aurora


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Reaktivasi KTM, Langkah yang Perlu Kamu Lakukan!

redaksi

UKM Mepro USU Adakan Open Recruitment

redaksi

Seberapa Pentingkah Komitmen dalam Berorganisasi?

redaksi