SUARA USU
Kabar Kampus

Delegasi FH USU Raih Juara 3 Sekaligus Berkas Terbaik dalam Legal Opinion Competition TBLF 2023

Reporter: Lydia Nauli/Nadya Uzdah

Suara USU, Medan. Delegasi FH USU berhasil meraih juara 3 pada lomba Legal Opinion yang diadakan oleh Business Law Society Universitas Trisakti dengan tema “Proteksi Ekspor Pada Komoditas Laut Indonesia di Era Pasar Global” pada Sabtu, (15/07) yang bertempat di Universitas Trisakti, Jakarta Barat.

Tim delegasi sendiri terdiri dari Hizkia Ginting selaku ketua serta Kathrin dan Lydia selaku anggota. Kompetisi ini dilaksanakan dalam 2 (dua) babak, yaitu babak penyisihan dan babak final.

Dalam babak penyisihan, Hizkia dan tim terpilih menjadi salah satu dari lima peserta yang berhak melaju ke babak final. Selanjutnya, babak final dilangsungkan secara luring dengan mempresentasikan hasil Legal Opinion mereka secara langsung dilanjut dengan sesi tanya-jawab oleh juri.

Delegasi awalnya dibentuk melalui proses penyeleksian internal BLS FH USU. Selanjutnya, mereka bertiga sukses terpilih untuk mewakili BLS FH USU pada kegiatan ini. Hizkia beralasan ingin mengikuti lomba karena topik terkait yang menarik.

“Pengen tahu tentang gimana prosedur atau informasi ekspor impor,” ungkap Hizkia.

Selain itu, perlombaan ini juga merupakan pengalaman pertama bagi Kathrin dan Lydia. Selain tertarik dengan topik yang diperlombakan, mereka juga ingin menantang kemampuan diri sendiri.

Saat persiapan, mereka mengaku banyak menghadapi kendala, seperti menyamakan pikiran yang bervariasi hingga membagi waktu untuk kuliah dan delegasi, tetapi mereka selalu belajar dan menjadikan hal ini sebagai pengalaman yang berharga.

“Cara nyatuin pikiran itu susah-susah gampang karena pasti selalu ada perdebatan,” ucap Lydia. Hizkia pun ikut menambahkan, “memang selalu ada perbedaan pendapat, tetapi untungnya kami memiliki kemistri satu sama lain.”

Mereka berpendapat bahwa faktor dari kemenangan tersebut adalah tekad, usaha, serta doa.

“Kami banyak melakukan audiensi dengan orang-orang yang paham dengan topik dan berpengalaman di bidangnya,” ujar Hizkia.

Di akhir, mereka memberikan sedikit tips untuk mahasiswa lainnya yang ingin mengikuti lomba, khususnya lomba di bidang hukum.

“Perbanyak literasi, siapin mental juga karena delegasi itu bawa nama universitas dan organisasi, kerja sama tim juga perlu, dan gimana cara kita mengatur diri kita sendiri dalam kelompok,” tutup Kathrin.

Redaktur: Tamara Ceria Sairo


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Eksistensi Duta Mahasiswa USU Di Masa Pandemi

redaksi

Bertemakan Creating The Champion Essay, SGC USU Sukses Adakan Webinar

redaksi

Rekrutmen Terbuka GMNI FH USU, Lanjutkan dan Lestarikan Ajaran Bung Karno

redaksi