SUARA USU
Kabar Kampus

Dies Natalis FH USU Ke-68, Adakan Webinar Series Refleksi Hukum

Reporter : Novia Kirana

Suara USU, Medan. Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara ke-68, Fakultas Hukum USU mengadakan Refleksi Hukum webinar series pekan ilmiah selama satu minggu, dimulai dari tanggal 17 Januari 2022 sampai dengan tanggal 22 Januari 2022 yang dilaksanakan secara hybrid . Serangkaian workshop series ini berfokus tentang bahasan isu-isu hukum yang up to date.

Diawali dengan workshop bertajuk “ Strategi Transformasi Peningkatan Kinerja Holding PTPN” yang diselenggarakan melalui zoom meeting pada Senin (17/01) dengan menghadirkan narasumber Bapak Muhammad Abdul Ghani sebagai Direktur Utama PTPN III serta Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait sebagai Kaprodi Doktoral Fakultas Hukum USU. Di hari Kedua, dilanjutkan dengan lokakarya, bertajuk, “Peran Kemenkumham RI dalam rangka pembinaan dan pengawasan terhadap peraturan seperti persamaan di depan hukumyang menghadirkan narasumber, Bapak Cahyo Rahadian Muzhar,SH,LLM selaku Dirjen AHU Kemenkumham RI, Prof. Dr. Hasim Purba,SH.,M.Hum selaku Kaprodi Kenotariatan FH USU, serta Bapak Dr. Suprayitno SH.Mkn selaku pengemban profesi notaris dan dilanjutkan workshop-workshop selanjutnya, yang berakhir pada Sabtu, (22/01).

Mengangkat tema utama “Alumni bersatu, Fakultas Hukum maju” Fakultas Hukum USU mengajak para alumni untuk melihat almamater yang telah besar para alumni Fakultas Hukum yang telah tersebar di seluruh Indonesia, terutama para alumni yang menduduki posisi-posisi strategis di pemerintahan , di dunia bisnis maupun berbagai macam profesi di Indonesia. Para alumni diharapkan mengambil kontribusi besar untuk memajukan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

Wakil Rektor I, Dr.Edy Ikhsan.SH.,MA turut hadir dalam webinar series hari kedua, yang diadakan pada Selasa (18/02) dengan tema “Peran Kemenkumham RI dalam Rangka Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Jabatan Notaris Sejalan sebagai persamaan di depan hukum ”. Beliau menyampaikan bahwa diskusi yang dibawakan memang membutuhkan banyak waktu untuk berdiskusi serta mengapresiasi panitia yang telah merancang rangkaian kegiatan dies natalis tahun ini, “Ini sangat baik sekali dan memang topik yang diangkat pun sangat membutuhkan banyak diskusi,” ungkap Edy Ikhsan.

Diadakannya seri webinar pekan ilmiah ini merupakan hal yang menarik karena suatu urgensi untuk mengadakan diskusi antara mahasiswa dan akademisi. Momen ini dinilai cocok untuk Dies Natalis Fakultas Hukum USU.

“Karena ada potensi yang sangat besar dari para alumni kita, dan itu yang sangat kita usung sebenarnya. Ini akan menimbulkan peluang yang lebih besar untuk kedua tujuan hukum Universitas Sumatera Utara untuk mencapai tujuan dan indikator yang sudah ditetapkan,” ungkap Dr. Mahmul Siregar,SH.,M.Hum selaku Dekan Fakultas Hukum USU

Tujuan utama pelaksanaan webinar series refleksi hukum ini adalah untuk diskusi sebagai budaya kita sebagai masyarakat yang melek hukum, “tujuan utama kita yang tergambar dari namanya adalah pekan ilmiah refleksi hukum, menjadikan kajian hukum ini kan sangat menarik, serta kampus adalah tempat mencari ilmiah. Untuk itu, kita juga yang harus terus membudayakan budaya diskusi ini, itulah tujuan utama kita membuat refleksi hukum dengan konsep webinar series,” ungkap Hasrul Benny Harahap,SH.M.Hum, sebagai ketua dies natalis FH USU ke-68.

Antusiasme peserta webinar yang sangat luar biasa dari berbagai kalangan, dimulai dari mahasiswa hingga akademisi serta para pemangku kepentingan dan para pengemban berbagai profesi, membuat rangkaian kegiatan dies natalis FH USU tampak berbeda, momen ini juga menjadi ajang temu kangen para alumni Fakultas Hukum USU mengingat setelah 2 tahun FH USU tidak merayakan serta mengadakan acara dies natalis karena adanya pandemi C ovid-19 yang membuat ruang gerak cukup terbatas.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kolaborasi Penerapan Therapeutic Community (TC) dan Narcotic Anonymous (NA) sebagai Metode Efektif dalam Proses Pemulihan Residen di Yayasan Rehabilitasi Narkoba Mutiara Abadi Binjai, Provinsi Sumatera Utara

redaksi

Pelantikan IMSAM, Ketua Umum Harapkan Perubahan dan Gebrakan Baru!

redaksi

Angkat Tema Vaksin di Tengah Pandemi, Communication Battle Kembali Digelar!

redaksi