SUARA USU
Kabar Kampus

Diinisiasi Langsung Oleh PEMA Sekawasan, USU Open House 2023 Berhasil Terlaksana!

 

Reporter : Anna Fauziah Pane

Suara USU, Medan. USU Open House 2023 adalah kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintahan Mahasiswa Fakultas sekawasan USU yang bertujuan untuk membantu Universitas dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan memberikan pengabdian berupa motivasi kepada siswa-siswi pelajar se-kota Medan yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Kegiatan ini telah terlaksana pada Kamis (23/02/2023) di aula FISIP USU. Dalam acara ini, pema sekawasan mengundang siswa-siswi di Kota Medan untuk diberikan sosialisasi dan gambaran mengenai jalur masuk perguruan tinggi serta gambaran mengenai kehidupan perkuliahan.

Adapun tema yang diangkat adalah Melangkah Bersama USU Menuju Indonesia Emas 2045.

“Kenapa harus 2045? Karena pada saat itu Indonesia akan mengalami bonus demografi. Bonus demografi ini bisa menjadi bumerang jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan pembekalan bagi kita para generasi yang nantinya akan menjadi penerus bangsa di masa itu, untuk tercapainya Indonesia emas 2045,” ungkap Haris selaku Gubernur FISIP dalam kata sambutannya.

Duta utama putra & putri usu, Luis dan Fara didapuk sebagai narasumber pada kegiatan ini. Keduanya melakukan sharing session dalam talkshow yang dipandu oleh Tanti yang juga merupakan duta mahasiswa USU.

Pada talkshow ini, kedua duta utama mahasiswa USU itu banyak berbagi mengenai pengalaman mereka ketika akan masuk perguruan tinggi. Mulai dari apa yang harus dipersiapkan sampai dengan tips dan trik masuk perguruan tinggi negeri, khususnya Universitas Sumatera Utara.

Luis dan Fara berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa mendapatkan insight dan gambaran tentang dunia perkuliahan. Selain itu, Fara juga berharap peserta yang hadir memilih USU sebagai PTN tujuan mereka nantinya. “Semoga dengan adanya acara ini bisa lebih membuka wawasan dan mindset mereka tentang dunia perkuliahan tidak semudah itu, tidak sama dengan kita di sekolah dulu,” ujar Fara.

Luis selaku narasumber juga memberikan beberapa pesan kepada siswa-siswi yang hadir. “Mahasiswa itu bukan cuma belajar, tapi kita harus menggali potensi – potensi kita. Kita bisa keluar dari zona nyaman kita untuk berkembang dan berdampak bagi Indonesia,” ungkap Luis dalam closing statement-nya.

Selain itu, kedua duta utama mahasiswa USU itu juga berpesan agar siswa-siswi SMA yang hadir bisa lebih mengenal diri mereka dan memilih jurusan sesuai apa yang mereka minati serta tetap mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti prospek kerja dan peluang di masa depan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Gubernur FISIP, jika tidak ada kendala kegiatan ini akan dibuat menjadi kegiatan tahunan. Dengan harapan kegiatan di tahun-tahun selanjutnya bisa lebih meriah dan siswa-siswi yang terjangkau bisa lebih luas lagi.

Redaktur : Taty Kristina Malau


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Berdiri Sejak Tahun 1955: Panti Asuhan Al-Washliyah Kota Medan dan Minimnya Pengetahuan tentang Pentingnya Peran Pekerja Sosial

redaksi

Bersama Mahasiswa Kesejahteraan Sosial FISIP USU, Menilik Efektivitas Program Therapeutic Community Dalam Mengurangi Relapse di LRPPN Bhayangkara Indonesia, Kota Medan

redaksi

Hadir Meriahkan Hari Terakhir PKKMB, Indra Jegel: Kembangkan Diri Sebaik-baiknya!

redaksi