SUARA USU
Opini

Dilarang Berkumpul, Mahasiswa Rindukan Buka Puasa Bersama

Sumber gambar: Liputan6.com

Oleh Yessica Irene


SUARA USU, MEDAN. Bulan Ramadhan kali ini menjadi berbeda dari yang sebelum-sebelumnya. Hadirnya pandemi covid-19 membuat kita harus melakukan physical distancing alias #DiRumahAja. Padahal biasanya, grup-grup whatsapp dan line sudah ramai menyerukan ajakan buka puasa bersama alias Bukber dari teman-teman.


Keadaan ini membuat beberapa mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) merasa sedih karena tidak bisa mengadakan kegiatan Bukber. Hal ini demi memutus rantai penularan covid-19.
“Rasanya kayak ada yang kurang aja karena udah biasakan ngadain bukber sama kawan kawan. Terus sekarang jadi gak bisa karena keadaan saat ini,” ungkap YP Mahasiswi Fakultas Pertanian angkatan 2018.


YP bercerita bahwa tahun lalu peserta Bukber yang diadakan oleh Jurusannya cukup ramai, bisa mencapai ratusan orang karena diikuti juga oleh beberapa senior dan mahasiswa yang non muslim. Walaupun merasa sedih, tetapi YP juga tetap patuh pada peraturan pemerintah dengan tidak mengikuti acara Bukber seperti yang dilakukan nya pada tahun lalu.


Senada dengan mahasiswi angkatan 2019, Nindya Calviny menjelaskan bahwa dirinya berharap untuk adanya kegiatan Bukber dengan teman-teman sejurusannya. Namun sayang tidak bisa dirasakan karena situasi saat ini.
“Jujur aku pengen kali Bukber karna ini kan first time sebagai mahasiswa gitu, tapi karena adanya virus corona ini ya akupun gak bisa bilang mau gimana lagi dibuat. Ya pasti bakal ditiadakan demi menjaga kesehatan masing masing kita jugakan. Mungkin mudah mudahan Ramadhan tahun depan bisa terwujud. Untuk saat ini kita stay at home dulu ya,” ujarnya.


Dengan adanya larangan dari pemerintah untuk tidak berkumpul atau menciptakan keramaian. kita harus tetap di rumah untuk mendukung suksesnya program pencegahan penyebaran covid-19. Kerinduan untuk berkumpul bersama yang biasanya selalu menjadi hal yang paling di tunggu-tunggu bisa ditahan dulu. Akan ada waktu nya dimana saat pandemi ini selesai kita bisa berkumpul lagi dan bersenda gurau dengan teman teman.

Redaktur : Supri Alvin

Related posts

Indonesia, Negara Agraris yang Defisit Pangan

SUARA USU

Penangkapan Ravio Patra, “Masih Adakah Demokrasi di Negeri Ini?”

SUARA USU

Tere Liye: Sebenarnya Mafia di Pertamina Ini Siapa?

SUARA USU

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

COVID 19

[covid-data]