SUARA USU
Film

Downfall : The Case Against Boeing, Kisah Kecelakaan Pesawat

Penulis : Angelin Hutagalung

Suara USU, Medan. Downfall : The Case Against Boeing adalah film dokumenter Netflix tahun 2022. Film yang disutradarai oleh Rory Kennedy mengisahkan kembali bagaimana kelamnya peristiwa naas kecelakaan pesawat Boeing 737 Max milik Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 di Indonesia tahun 2018 dan milik Ethiopian Airlines di Ethiopia tahun 2019.

Keunikan dari hasil  investigasi kecelakaan kedua pesawat yaitu dialami oleh dua jenis pesawat yang sama dan dengan produsen yang sama, penyebab kecelakaan hampir sama, hingga kurun waktu terjadinya dua kecelakaan pesawat sama yaitu beberapa saat setelah lepas landas. Hal inipun memicu banyak perdebatan dari kalangan, baik itu masyarakat, keluarga korban, jurnalis, ahli penerbangan, pilot, pihak Boeing, dan pihak lainnya.

Pihak Boeing sendiri tetap berkilah bahwa penyebab kecelakaan pesawat buatan mereka bukan karena kelalaian dari fitur pesawat (dikenal dengan istilah MSAC). Oleh karena itu, demi keadilan dikisahkan bahwa para keluarga korban kedua kecelakaan pesawat membawa kasus ini ke pengadilan untuk menuntut pihak Boeing agar bertanggung jawab atas terjadinya dua kecelakaan pesawat yang diperikirakan total  hingga memakan korban sebanyak  346 orang.

Para keluarga korban sangat menyayangkan kelalaian yang dibuat oleh pihak Boeing karena akan sangat lebih baik  jika pihak Boeing memberi pelatihan fitur MSAC pesawat kepada pilot sehingga kecelakaan pertama terhindar ataupun menarik kembali pesawat secara permanen agar tidak dipakai kembali pada penerbangan, tetapi kecelakaan kedua tetap tak terhindarkan.

Film ini mengingatkan kita agar tidak sepele dengan hal-hal kecil hanya demi mengejar suatu target secara berlebihan yang nantinya akan berisiko besar bahkan hingga merengut nyawa. Selain itu, sebagai manusia kita harus mengingat bahwa sepintar apapun manusia menguasai kebermanfaatan IPTEK, akan berdampak bahaya jika dikuasai oleh keserakahan dari manusia sendiri.

Redaktur : Valeshia Trevana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Film Losmen Bu Broto, Indonesia Banget

redaksi

Green Book: Sindiran Keras Terhadap Rasisme

redaksi

Serial Korea D.P., Bawakan Kisah Senioritas dan Perundungan dalam Instansi Militer Korea Selatan

redaksi