SUARA USU
Musik

Earth, Lil Dicky: Sebuah Seruan Untuk Menjaga Bumi

Oleh: Grace Silva Situngkir

Suara USU, MEDAN. Beberapa waktu terakhir ini, isu mengenai kesehatan lingkungan sedang marak diperbincangkan di media sosial. Masyarakat beramai-ramai membahas isu tersebut serta mengubah perilaku yang bersifat merusak lingkungan. Ternyata, pada tahun 2019 Lil Dicky beserta musisi lainnya telah menuliskan lagu bertema kesehatan bumi. Lagu dan Musik Video (MV) lagu ini dibintangi lebih dari 20 artis papan atas. Beberapa diantaranya yakni Justin Bieber, Ariana Grande, Wiz Khalifa, Charlie Puth, Ed Sheeran dan lainnya. Lagu ini juga telah didengarkan sebanyak 183 juta kali di Spotify dan MVnya telah ditonton sebanyak 355 juta kali di YouTube.

Dilansir dari The Ellen Show, Lil Dicky mengatakan bahwa lagu ini dimulai ketika dirinya memikirkan sesuatu yang buruk pada bumi dalam beberapa tahun ke depan apabila tidak dijaga dengan baik. Ia mengatakan tidak bisa menjelaskannya dengan detail bagaimana itu bisa terjadi. Oleh karenanya, ia membuat lagu mengenai ‘bumi’sebagai wujud suaranya. Ia sangat berharap lagu ini dapat menyadarkan banyak orang untuk mencegah perubahan iklim yang ekstrim karena bumi yang tidak terawat.

“Kita mempunyai 12 tahun untuk mencegah perubahan yang ada di bumi ini atau kehancuran bumi tidak akan bisa dihindarkan,” ucap rapper tersebut dalam The Ellen Show pada tahun 2019 lalu.

“Akan banyak hal yang akan terjadi dalam hidup kita, termasuk hal-hal yang buruk akan terjadi. Banjir, kekurangan makanan, udara yang buruk, semuanya bisa terjadi,” tambahnya.

We love the Earth, it is our planet

We love the Earth, it is our home

Dalam lirik tersebut berulang kali ditegaskan bahwa setiap orang seharusnya mencintai bumi dan menjaganya layaknya rumah yang akan didiami untuk waktu yang lama. ‘This is our home’, lirik ini tidak hanya menjelaskan bahwa bumi adalah tempat tinggal manusia dan berbagai makhluk hidup, melainkan ‘home’ juga menjelaskan bahwa setiap orang memiliki berbagai kenangan dan cerita di bumi. Secara tersirat, lagi tersebut menyampaikan banyak kenangan dan cerita yang harus dijaga dan seharusnya tidak berakhir begitu saja karena keegoisan manusia yang tidak mau menjaga kesehatan bumi.

Penggalan lirik ‘all these shootings, pollution, we under attack on ourselves’ menjelaskan dengan jelas bahwa segala perilaku buruk yang dilakukan oleh manusia akan merugikan manusia itu sendiri, seperti polusi berlebihan yang disebabkan oleh manusia yang tentunya akan merugikan kesehatan manusia itu sendiri.

Pada pertengahan lirik, banyak suara dari hewan dan tumbuhan di bumi yang diisi oleh berbagai artis. Suara tersebut mendefinisikan begitu banyak hewan dan tumbuhan yang ingin bertahan hidup untuk waktu yang lama di bumi.

I mean, there’s so many people out here who don’t believe Global

Warming’s a real thing. You know?

We gotta save this planet. We’re being stupid

Unless we get our shit together now

Bagian lirik tersebut menampar keras bahwa banyak orang yang berpikir  pemanasan global yang terjadi saat ini hanyalah bualan semata. Lagu tersebut menyampaikan agar bumi harus benar-benar diselamatkan dari bahaya yang akan datang beberapa waktu ke depan.

Pada bagian penutup dijelaskan bahwa kita semua yang ada di bumi hanya akan menjadi omong kosong belaka karena tidak adanya kesadaran semua orang dalam menjaga bumi.

So guys, ayo bersama-sama menjaga kesehatan bumi mulai dari hal kecil di sekitar kita!

Redaktur: Monika Krisna Br Manalu

 

 

 

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mom Cut Fruit, Sebuah Bahasa Cinta untuk Ibu

redaksi

”Hati-Hati di Jalan” Single Terbaru Tulus yang Kini Ramai di Kalangan Masyarakat

redaksi

Rasa Syukur yang Tersirat dalam Lagu ‘Badai Telah Berlalu’

redaksi