SUARA USU
Featured

Ebook vs Buku Cetak : Mana Yang Lebih Menarik?

Oleh : Viona Maharani

Suara USU, Medan. Era digitalisasi saat ini sangat membantu serta memudahkan segala aktifitas kita sehari-hari. Tidak hanya membantu meringankan pekerjaan, kemajuan teknologi sekarang ini juga memudahkan kita untuk tetap menyalurkan minat serta hobi sehingga kegiatan tersebut tetap bisa dilaksanakan.

Membaca buku memang menyenangkan bagi orang-orang yang memiliki hobi membaca, tetapi gimana kalau suka membaca tapi malas membawa buku kemana-mana? Tenang, ebook adalah solusi dari permasalahan yang kamu kira dapat menghambat minatnya kamu terhadap membaca.

Banyak campaign yang sudah menyuarakan betapa pentingnya membaca, Indonesia gawat literasi serta rendahnya minat baca pada anak. Padahal pepatah buku adalah jendela dunia bukan hanya sekedar kalimat yang tidak memiliki makna. Selain menambah wawasan yang luas, membaca buku juga dapat melatih otak untuk meningkatkan daya ingat serta melatih konsentrasi. Balik ke dampak dari era digitalisasi, jika kamu termasuk kaum rebahan dan tidak ada waktu untuk pergi ke toko buku atau perpustakaan, maka kamu bisa pesan buku melalui marketplace atau dapat mengakses buku gratis lewat aplikasi ipusnas.

Buku fisik maupun ebook memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Bagi golongan yang suka mencoret-coret secara langsung atau menambahkan anotasi ketika menemukan kalimat yang menarik bagimu, maka buku fisik menjadi pilihan yang tepat bagimu. Jika kamu suka membaca dimana saja dan kapan saja tetapi malas atau takut terlalu berat membawa buku fisik, maka kamu akan cocok dengan ebook.

Buku fisik akan cocok bagi kamu yang memang suka mengkoleksi buku lalu dipajang dengan rapi di rak buku atau di atas meja belajar, sedangkan ebook hanya akan menetap di alat elektronikmu. Selain itu, buku fisik ketersediaannya tidak selalu ada, terkadang kita perlu menunggu sampai buku tersebut tersedia kembali, berbeda dengan ebook yang ketersediaannya tidak pernah kosong.

Dari penjelasan di atas dapat dipastikan bahwa keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan yang beragam. Keduanya juga sama-sama menarik, tergantung dari pembacanya sendiri lebih nyaman menggunakan buku fisik atau ebook. Maka dari itu, tidak ada alasan untuk menunda membaca.

Redaktur : Valeshia Trevana

Related posts

Cermati dan Kenali Bisnis MLM!

redaksi

Realita Dibalik MBKM, Benar Merdeka?

redaksi

Taka Bonerate, Surga Dunia untuk Pencinta Snorkling dan Diving

redaksi