Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Bus USU Tak Beroperasi saat Wisuda, Apa Kata Mahasiswa?

Penulis : Orsella Nuraina


SUARAUSU, Medan. Salah satu fasilitas di Universitas Sumatera Utara, khususnya transportasi bagi mahasiswa dikenal dengan sebutan Linus (Lintas USU). Linus merupakan bus yang disediakan untuk memudahkan mahasiswa menjangkau fakultasnya masing-masing.


Linus sendiri beroperasi pada hari Senin sampai dengan Jum’at sesuai dengan jam oprasional kampus. Linus beroperasi mulai pukul 07.30 – 17.00 WIB dengan rute U yaitu Pintu 1 menuju Pintu 4.


Namun ketika waktu wisuda tiba, Linus tidak beroprasi seperti bisanya. Hal ini membuat mahasiswa bingung menuju fakultas maupun tempat-tempat yang biasa dikunjungi. Terutama bagi mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan akan merasa keberatan jika harus memesan ojek online ataupun becak. Alasannya mahasiswa harus merogoh kocek lebih dari hari biasanya, biaya ini cukup untuk ditabung. Seperti yang diungkapkan Resita Yunustidak (mahasiswa keperawatan), Linus yang tidak beroperasi saat wisuda benar-benar tidak efektif. Menurutnya rute Linus tidak menganggu arus proses wisuda. Ditambah lagi rute linus yang tidak melewati auditorium tempat wisuda, sehingga tidak membuat macet. Apa lagi bagi mahasiswa yang tidak mengetahui bahwa linus tidak beroperasi ketika wisuda akan merasa kecewa. Sehingga yang seharusnya cepat menuju kampus menjadi bertambah lama dikarenakan menunggu. Seharusnya linus tetap beroperasi walaupun acara wisuda berlangsung, karena linus tidak mengganggu proses wisuda.


Tetapi tidak berlaku dengan Anita, mahasiswi jurusan manajemen. Menurutnya apabila linus tidak beroperasi saat wisuda tidak terlalu berdampak terhadap aktivitas kampus, dikarenakan Anita tidak sering menggunakan Linus. Sehingga tidak terlalu terpengaruh terhadap operasional linus, baik di hari biasa maupun ketika ada acara wisuda.


Alasan dibalik tidak beroprasinya linus seperti yang kami dapatkan saat wawancara dengan salah satu supir linus itu sendiri.


“Karena waktu itu Pak Rektor lewat di belakang Auditorium itu macet, jadi tidak boleh dinas lagi ketika acara wisuda. Setelah seperti sekarang belum ada lagi peraturan baru dari atas,” ujar Bambang.


Walaupun Linus tidak beroperasi ketika acara wisuda berlangsung, namun para Supir tetap datang dan pulang seperti waktu bekerja.

Redaktur Tulisan : Riska Apsari

Related posts

Jalan Dr. Mansyur Kembali Banjir, Kemacetan Parah di Gerbang 1 USU

suarausu

Libur Isra’ Mi’raj, Masihkah Mahasiswa Harus Kuliah?

redaksi

Tampung Karya Mahasiswa Lewat sastra di SASTRADISI USU 2019

suarausu