SUARA USU
Film

Film Encanto: The Miracle is You

Penulis : Niken Oxana Br Panjaitan

Suara USU, Medan. Encanto merupakan film animasi Disney terakhir yang menjadi penutup di penghujung tahun 2021. Film yang berlatar tempat dan budaya Kolombia ini dirilis tepatnya pada tanggal 24 November 2021.

Film musikal yang disutradarai Byron Howard dan Jared Bush ini mengisahkan tentang keluarga Madrigal yang tinggal di rumah ajaib di pegunungan Kolombia, yaitu Encanto. Setiap keturunan dari keluarga Madrigal dikaruniai sebuah kekuatan atau sihir yang dipergunakan untuk membantu para penduduk di Encanto. Namun, ada satu anak yang tidak mendapat kekuatan seperti anggota keluarga lainnya, dia adalah Mirabel Madrigal.

Kisah ini diawali oleh sang Abuela (nenek) Alma Madrigal dan suaminya yang meninggalkan kota tempat tinggal mereka. Namun, ditengah perjalanan, suaminya meninggal dan meninggalkan satu lilin yang akhirnya menjadikan Encanto. Lilin yang tak pernah padam inilah yang memberikan keajaiban kepada keluarga mereka.

Lilin ini kemudian memberikan kekuatan atau sihir kepada setiap anggota keluarga Madrigal. Ibu Mirabel, Julieta dapat mengobati orang lain dengan makanan yang dibuatnya, bibinya yang bernama Pepa dapat mengendalikan cuaca sesuai dengan suasana hatinya, sepupunya Dolores memiliki pendengaran yang tajam, dan satu sepupunya lagi Camilo dapat berubah menjadi apapun. Sementara kakak Mirabel yang pertama, Isabel memiliki kesempurnaan karena dapat membuat bunga-bunga cantik dimana saja, dan kakak yang keduanya, Luisa memiliki kekuatan super yang dapat mengangkat barang-barang berat. Ternyata tak hanya anggota keluarga saja yang memiliki sihir, casita atau rumah mereka juga memiliki sihir sehingga dapat bergerak layaknya makhluk hidup. Lalu, apakah kekuatan yang dimiliki Mirabel? Tidak ada.

Mirabel akhirnya bertekad untuk dapat membanggakan keluarga Madrigal dengan keterbatasannya. Ketika malam upacara kekuatan sepupunya Antonio, Mirabel tiba-tiba melihat casita mulai retak dan lilin hampir padam, namun tidak ada satupun yang mempercayai Mirabel. Hal inilah yang kemudian menjadi misi Mirabel untuk dapat menyelamatkan keluarga Madrigal.

Film Encanto memang tidak seperti film Disney lainnya, yang memiliki misi untuk melawan kejahatan. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang dikarunai sebuah keajaiban, sehingga keharmonisan keluarga merupakan hal penting untuk menjaga keajaiban tersebut.

Dari film ini banyak hal positif yang dapat di ambil, salah satu contohnya adalah untuk menerima diri kita dengan apa adanya. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan kita harus dapat menerima itu. Tak perlu menjadi orang lain agar disukai banyak orang, kita hanya perlu menjadi diri kita sendiri.

Redaktur : Zukhrina Az Zukhruf


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Banyak Pesan Moral yang Didapat, Film KKN di Desa Penari Sukses Tembus 7 Juta Penonton

redaksi

Satu Jam Setara dengan Tujuh Tahun, Teori Fisika Dibalik Film Interstellar

redaksi

5 Rekomendasi Film Tentang Pentingnya Pendidikan

redaksi