SUARA USU
Kabar Kampus

Hadiri Konfrensi Indonesia Emas, Erick Thohir Ajak Generasi Muda Berkontribusi Di Era 2045

Oleh: Annisa Larasati

Suara USU, MEDAN. Telah berlangsung kegiatan seminar yang diadakan di Auditorium Universitas Sumatra Utara Minggu, (09/01). Konfrensi yang digelar oleh Pemerintahan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara ini mengangkat tema “Menuju Indonesia Emas 2045” dan dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, Erick Thohir serta Ganjar Pranowo, Gubernur provinsi Jawa Tengah, yang hadir virtual melalui Zoom Meeting.D

Kegiatan kali ini juga didampingi  langsung oleh Rektor Universitas Sumatra Utara yaitu Muryanto Amin beserta jajaran dan Presiden Mahasiswa Universitas Sumatra Utara, Rizki Fadillah.

Dalam kegiatan kali ini Erick Thohir membuka penjelasannya dengan menuturkan pentingnya perubahan pola pikir rakyat Indonesia yang masih terlalu mengandalkan kepada sumber daya alam yang kita miliki. Masyarakat dan seluruh elemen yang ada perlu memahami konsep Knowledge Based Economy.

“Di sumber daya alam ini sekalipun bisa habis serta tidak dapat dipakai lagi di masa yang akan datang,” tutur Erick.

Dan Erick juga menegaskan pentingnya produktifitas di kalangan para generasi muda. Menurutnya, generasi muda harus banyak mendalami dan menguasai keterampilan dan kebutuhan di masa kini.

“Bukan hanya sekedar rebahan, kalau hanya sekedar rebahan 2045 itu hanyalah mimpi saja. Di 10 tahun yang akan datang akan terjadi pergeseran keterampilan di dunia kerja yang Signifikan dalam 10 tahun tersebut,” ucapnya.

Disrupsi juga menjadi peluang sekaligus ancaman bedasarkan data dari 7 dari 10 Big Company di 2021 adalah perusahaan teknologi. Dilanjutkan juga oleh Erick Thohir bahwa kita saat ini penting sekali untuk mempunyai  Skilled Labor kepada teknologi. Dimana pembangunan infrastruktur digitalisasi serta juga kesehatan sangat dibutuhkan. Hal inilah yang menjaga kondisi pertumbuhan akan terus ada.

Erick juga membahas tentang Indonesia Global Talent Internship Program sebagai Channel diaspora berkontribusi untuk Indonesia melalui BUMN menuju visi BUMN berdaya saing global.Program unggulan dari IGTI diantara lain pertamina,PLN,telkom,Bank BTN dan MIND ID.

Melalui transformasi BUMN yang berkelanjutan kedaulatan Indonesia menjadi tujuan bersama dalam mencapai Indonesia Emas.Beliau juga mempunyai prinsip-prinsip yang merupakan rencana jangka panjang dan saat ini terwujud melalui program-program transformasi & inovasi BUMN. Seperti, berdaulat atas SDM, SDA, karya, ekonomi kerakyatan, teknologi serta kesehatan.

Di akhir kata Erick menyampaikan bahwa pentingnya kita untuk memberhentikan negara asing dalam sumber daya yang dimiliki Negara Indonesia pada saat ini, terutama sumber daya alam.

“Kita bukan tidak berkenan dengan negara asing, tapi kita juga harus benar-benar memanfaatkan market yang kita punya untuk pertumbuhan ekonomi kita,” ujarnya.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

PEMA USU Selenggarakan Nonton Bareng KPK The EndGame

redaksi

Pentingnya Kesehatan Mental di Masa Pandemi

redaksi

Garda Media Gelar Workshop Jurnalistik

suarausu