SUARA USU
Entertaiment Film

Film Losmen Bu Broto, Indonesia Banget

Oleh : Komariah Balqis

Film Losmen Bu Broto adalah adaptasi dari serial Losmen yang tayang pada tahun 1989 di stasiun televisi TVRI. Film ini menjadi satu dari banyak mahakarya sutradara kondang Indonesia, Eddie Cahyono dan Ifa Isfansyah. Tak hanya itu, film ini menjadi semakin menarik perhatian dengan hadirnya aktor dan aktris ternama Indonesia seperti Maudy Koesnaidi, Maudy Ayunda, Mathias Muchus dan Putri Marino.

Film ini langsung menjadi topik hangat di sosial media Indonesia. Bukan hanya karena alur cerita, namun juga nuansa film yang sangat menampilkan potret Indonesia. Ditampilkan mulai dari pakaian, makanan hingga dialog yang sangat khas Jogja. Meskipun pengambilan scene lebih banyak di dalam losmen, namun penggambaran kota Jogja dengan suasana khasnya terselip apik di film ini.

Film ini menceritakan tentang keluarga Broto yang mengelola losmen. Keluarga ini terdiri dari Pak Broto, Bu Broto dan ketiga anak mereka, Pur, Sri dan Tarjo. Awalnya keluarga ini hidup dengan tenang sambil mengelola losmen mereka.

Suatu waktu terjadi satu insiden terjadi yang menyebabkan Pur, si anak sulung menjadi pendiam dan tidak lagi bersemangat. Tak henti sampai disitu, Sri, anak kedua juga menjalin hubungan rahasia dengan Jarot yang seorang seniman. Bu Broto tidak menyukai Jarot karena dianggap tidak mempunyai masa depan cerah.

Bukan hanya soal Jarot, Bu Broto juga kerap Bersitegang dengan Sri karena musik. Sri gemar musik, tetapi Bu Broto lebih senang Sri fokus mengurus losmen. Sampai suatu ketika terjadi puncak masalah ketika Sri dan Jarot melakukan kesalahan yang mengakibatkan keadaan di keluarga itu semakin campur aduk.

Tak hanya menceritakan bagaimana keluarga Broto berusaha membangun usaha losmen mereka, film ini juga bercerita tentang bagaimana mereka menyelesaikan konflik di dalam keluarga mereka. Setiap tamu dan pekerja di Losmen Bu Broto juga mempunyai ceritanya sendiri dan menambah warna dalam film ini.

Film ini meraih rating 8.2/10 di website IMDb. Film ini cocok ditonton untuk kamu yang rindu dengan Jogja karena kamu akan menyaksikan keindahan kota Jogja yang memanjakan mata. Jangan lupa untuk selalu memakai masker saat kamu menonton ya!

Penyunting: Yulia Putri Hadi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Review Tanpa Spoiler, Spiderman No Way Home

redaksi

Suzume no Tojimari, Menemukan Arti Hidup yang Sesungguhnya

redaksi

Cerita Danang, Awardee Beasiswa VDMI “IKHTIAR DAN DOA”

redaksi