SUARA USU
Kabar Kampus

FISIP USU Adakan Kolaborasi dengan UKM Malaysia dalam Rangka Mencapai WCU

Reporter: Tania A. Putri

Suara USU, Medan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) telah melakukan kunjungan ke Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Kuala Lumpur pada 27 sampai dengan 30 November 2023 lalu. Kunjungan ini merupakan undangan dari Pusat Kajian Pembangunan, Sosial dan Persekitaran (SEEDS) Fakultas Sains Sosial dan Kemanusiaan Universitas Kebangsaan Malaysia yang berlokasi di Bangi, Selangor Darul Ehsan Malaysia.

Total sebelas orang dosen dari lima program studi turut terlibat dalam kunjungan ini. Lima program studi tersebut adalah program studi Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Sosiologi, Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu kesejahteraan Sosial.

Selama empat hari kegiatan, dosen FISIP USU melakukan berbagai kolaborasi dan diskusi dengan UKM Malaysia. Kolaborasi tersebut di antaranya adalah coaching clinic dosen dalam rangka penulisan jurnal yang terindeks Scopus, diskusi kerja sama penelitian perbatasan Indonesia dan Malaysia, dan pembetukan kelompok yang nantinya akan menulis karya berupa buku. Tidak sampai di situ, diskusi penelitian bersama melalui pendanaan Matching Grant juga turut dilakukan pada kesempatan ini.

Kegiatan empat hari tersebut mendapat bimbingan dan arahan langsung dari dosen yang mempunyai kualifikasi intelektual sangat baik. Mereka adalah Prof. Madya Dr. Novel Lyndon, Prof Dr. Mohd Fuad Mat Jali, Prof. Hair Awang, Dr. Junaidi Awang besar dan Dr. Zurinah Tahir.

Prof. Riza Buana Ph.D. selaku ketua rombongan FISIP USU menyatakan bahwa kolaborasi ini adalah dalam rangka mencapai Word Class University (WCU), yang telah dicanangkan oleh USU. Prof. Riza juga menambahkan bahwa FISIP USU berupaya mewujudkannya melalui kerja sama dengan universitas di berbagai negara.

Khusus dalam kegiatan ini Prof. Riza menyatakan bahwa dosen FISIP USU mendapat banyak ilmu, pencerahan pemikiran, serta pengalaman berharga. Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa kerja sama semacam ini perlu ditingkatkan di masa yang akan dating dan harapanya Universitas Sumatera Utara khususnya FISIP USU mendapat citra positif di mata dunia internasional.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Upgrading Efficiency Catalist Organizational Skill, Meningkatkan Kemampuan Berorganisasi Mahasiswa USU

redaksi

78 Anggota Baru SGC Diharapkan Pantang Menyerah Terhadap Kegagalan

redaksi

HIMAGROTEK FP USU Adakan Spectacular Agrotechnology dalam Rangka Perayaan Dies Natalis Ke -10

redaksi