SUARA USU
Kabar Kampus

Gencarnya Persiapan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Lingkungan Kampus Universitas Sumatera Utara

Oleh : Fenita Pandiangan

Suara USU, Medan. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tentunya bukan lagi menjadi sebuah kalimat yang terdengar asing di kalangan mahasiswa. Program yang disediakan pemerintah ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin menunjukan kreativitasnya di berbagai bidang, mulai dari bidang sosial, ekonomi, penelitian, dan tekhnologi.

Berbagai universitas di Indonesia mulai mempersiapkan mahasiswanya untuk mengikuti program bergengsi ini, salah satunya adalah Universitas Sumatera Utara. Di lingkungan kampus USU, mulai digencarkan berbagai persiapan untuk mahasiswa agar bisa mengikuti program kreativitas ini.

Dalam persiapan tersebut, USU menyediakan PKM Center dan PKM Corner di berbagai fakultas untuk mendata setiap mahasiswa yang ingin mengikuti PKM. Mahasiswa yang ingin ikut, diharapkan untuk membentuk kelompok sesuai dengan ketentuan bidang PKM yang akan dipilih. Kemudian, kelompok tersebut diwajibkan untuk menyiapkan ide yang inovatif dan menuangkannya dalam bentuk proposal.

PKM Center akan melakukan sosialisasi dan memberikan informasi kepada mahasiswa bagaimana ketentuan dalam penulisan proposal yang baik dan benar. Di samping itu, PKM Center juga menyediakan beberapa dosen pembimbing dan mentor untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan proposalnya.

Selanjutnya,  proposal yang terkumpul dan dipilih oleh PKM Corner akan diseleksi dan dikoreksi kembali oleh PKM Center USU. Proposal yang terpilih dari universitas akan dikirimkan ke simbelmawa untuk mendapat validasi pendanaan dengan tenggat waktu paling lama 31 Maret 2022. Apabila mendapat validasi simbelmawa, USU akan memberikan insentif tambahan kepada tim PKM tersebut.

PKM merupakan program yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kita bisa mendapatkan banyak benefit jika mengikutinya. Jadi, tunggu apalagi? Bagi kamu yang memiliki ide inovatif, yuk ikut bergabung dalam PKM!

Redaktur : Elnada Nadhira Saleh


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kolaborasi Penerapan Therapeutic Community (TC) dan Narcotic Anonymous (NA) sebagai Metode Efektif dalam Proses Pemulihan Residen di Yayasan Rehabilitasi Narkoba Mutiara Abadi Binjai, Provinsi Sumatera Utara

redaksi

Mengenal KKN Tematik

redaksi

Mahasiswa S1 Biologi Kembali Laksanakan Kuliah Lapangan

redaksi