SUARA USU
Kabar Kampus

Harapkan Mahasiswa Peduli Seni dan Budaya Daerah, DITMAWALUMNI USU Adakan Audisi PEKSIMIDA Internal di Pendopo USU

Repoter: Restiani Lumban Gaol

Suara USU, Medan. Direktorat Prestasi Mahasiswa  dan Hubungan Kealumnian USU (DITMAWALUMNI USU) saat ini sedang mengadakan audisi PEKSIMIDA Internal USU di Pendopo USU. Audisi  yang ditujukan untuk semua mahasiswa aktif  USU ini, memperlombakan 5 jenis perlombaan, yakni menyanyi dangdut perorangan (Putra dan Putri), menyanyi seriosa perorangan (Putra dan Putri), menyanyi keroncong  perorangan (Putra dan Putri), menyanyi pop perorangan (Putra dan Putri), serta lukis perorangan.

Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) adalah kegiatan yang dikelola oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Sumatera Utara, dimana pemenang dari PEKSIMIDA nantinya akan menjadi perwakilan Sumatera Utara untuk melaju ke Pekan Seni Mahasiwa Nasional (PEKSIMINAS). Tahun ini, BPSMI Sumut sebagai pembina kegiatan PEKSIMIDA menunjuk USU menjadi tuan rumah PEKSIMIDA wilayah Sumut tahun 2022 yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 Agustus 2022 mendatang.

Audisi PEKSIMIDA Internal USU sendiri diadakan hingga tanggal 14 Agustus 2022 dan diselenggarakan oleh Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian USU khususnya di Divisi Pengembangan Karakter, Kreativitas dan Prestasi Mahasiswa dengan sasaran kegiatan yakni seluruh mahasiswa aktif USU.  Sedangkan untuk PEKSIMIDA Tingkat wilayah Sumut ditanggal 22 Agustus 2022 mendatang diselenggarakan oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) didukung oleh USU dan UNIMED dengan sasaran kegiatan yakni seluruh mahasiswa aktif di wilayah Sumatera Utara.

Rahayu, S.Sos selaku Staf Pengembangan Prestasi Nasional Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian USU, kepada Suara USU menjelaskan tujuan diadakannya PEKSIMIDA.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan  mengembangkan potensi mahasiswa terhadap seni dan budaya. Melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa mampu meningkatkan dan mengembangkan prestasi dan kreasi seninya untuk memperkaya dan menjaga budaya bangsa. Karena melalui seni dan budaya kita dapat meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi persaingan global,” jelasnya.

Menurut Rahayu, mahasiswa USU memiliki antusiasme yang cukup besar terhadap audisi PEKSIMIDA internal USU ini. Dilihat dari pendaftar yang terus bertambah meskipun waktu pendaftaran yang terhitung singkat, juga dari banyaknya respon mahasiswa di media sosial Ditmawalumni.usu dan official.usu

Terakhir, Rahayu mengungkapkan harapannya untuk audisi PEKSIMIDA Internal USU tahun 2022.

“Kita mengharapkan dengan diadakannya audisi PEKMISIDA internal di USU tanggal 14 Agustus 2022 nanti akan melahirkan bibit bibit unggul yang akan menjadi perwakilan USU untuk bertanding kembali pada tanggal 22 Agustus 2022. Jika lolos akan berlanjut menjadi perwakilan untuk Sumatera Utara di ajang PEKSIMINAS dan tentunya diharapkan mahasiswa sebagai generasi penerus tetap peduli dengan seni dan budaya khususnya budaya daerah ditengah gempuran pengaruh budaya asing,” tutup Rahayu.

Redaktur: Salsabila Rania Balqis

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

UKMI Al-Falak FMIPA USU Sukses Mengadakan GO-MM 2023

redaksi

Pihak USU dan BNI Bantah Isu Penipuan Terkait Email Tagihan UKT

redaksi

Mahasiswa USU Edukasi Cegah Perundungan di Sekolah Dasar, Ini Pesannya

redaksi