SUARA USU
Entertaiment Film

Hunter x Hunter: Petualangan Bocah Pemburu Berlisensi

Penulis: Nauza Indri Adisti

Suara USU, MEDAN. Hunter x Hunter merupakan komik yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshihiro Togashi dan dimuat pertama kali di majalah Weekly Shonen Jump pada tahun 1998. Komik ini kemudian mendapat adaptasi serial anime pada tahun berikutnya. Anime yang berhenti pada musim ketiga ini kemudian digarap ulang oleh studio Madhouse pada tahun 2011. Anime yang bergenre petulangan, fantasi, dan persahabatan ini menjadi salah satu series anime populer yang pernah ada.

Berangkat dari sinopsis, Hunter x Hunter bercerita tentang seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang ingin menjadi hunter agar dapat bertemu dengan ayahnya. Anak tersebut bernama Gon Freecss dari Pulau Paus. Gon yang dititipkan sejak bayi kepada bibinya, tidak pernah mengenal kedua orang tuanya. Oleh karena itu, Gon bertekad menjadi seorang hunter agar dapat bertemu dengan ayahnya yang juga merupakan seorang hunter. Dalam petualangannya, Gon tidak sendiri karena ia bertemu dengan Killua, Kurapika, dan Leorio yang menjadi sahabatnya sejak mereka dipertemukan untuk mengikuti ujian hunter. Pada universe Hunter x Hunter sendiri, hunter merujuk kepada profesi pemburu yang dapat memburu apa pun, seperti artefak, tempat bersejarah, pelaku kriminal, hewan langka, dan lainnya. Para hunter memiliki lisensi yang mereka dapatkan dari Asosiasi Hunter setelah lulus mengikuti ujian Hunter seperti yang akan diikuti oleh Gon dan teman-temannya.

Hunter x Hunter yang dirilis pada 2011 terdiri atas 148 episode dan dibagi menjadi 6 musim. Dalam 6 musim tersebut terdapat 7 cerita bagian yang diadaptasi dari komik atau yang lebih sering dikenal dengan istilah arc. Adapun arc yang dimuat dalam serial tersebut adalah arc ujian hunter yang bercerita tentang bagaimana Gon memulai petualangannya dan mengikuti serangkaian tes agar mendapat lisensi hunter, kemudian dilanjutkan dengan arc kedua, yaitu arc keluarga Zoldyck yang berkisah tentang Gon pergi mencari sahabatnya, Killua. Kedua arc ini disajikan dalam satu musim yang sama. Musim pertama terdiri atas 26 Episode.

Petualangan Gon berlanjut pada Arc selanjutnya yang beranama Arc Arena Surga. Di sana Gon belajar dan mendapatkan kekuatan baru. Lalu dilanjut dengan Arc Yorknew City, Arc Greed Island, Arc Semut Chimera, dan yang terakhir adalah Arc pemilihan ketua Asosiasi Hunter ke- 13. Masing-masing arc menyajikan petualangan yang seru dengan konflik yang menegangkan di setiap arc-nya. Arc yang memiliki episode terpanjang jatuh kepada Arc Semut Chimera dengan total 60 episode. Arc ini menjadi cerita yang paling digemari akibat plot solid yang ditawarkan meskipun lajunya alur sedikit melambat. Pada arc ini, Gon dan teman-temanya menghadapi musuh yang sangat kuat dan berpotensi mengancam keamanan dunia.

Selain plot yang menarik, karakter yang diciptakan oleh Togashi memiliki penulisan yang bagus. Daya tariknya tidak hanya terletak pada kisah dan penokohan karakter protagonisnya, yakni Gon sendiri tetapi juga karakter deutragonis hingga karakter antagonisnya. Selain itu, grafis yang apik yang dapat memanjakan mata, serta original soundtrack yang keren juga ikut menjadi nilai tambah dari serial anime ini. Jika kebanyakan anime memiliki lagu pembuka yang berbeda tiap musimnya, Hunter x Hunter konsisten menyuguhkan 1 lagu yang sama di seluruh episodenya.

Baik versi 1999 maupun versi 2011, keduanya sangat layak untuk ditonton. Tentunya terdapat perbedaan antara kedua versi ini. Pada versi 1999, hanya terdapat 62 episode dan mengandung 5 episode yang tidak berdasarkan cerita pada komik. Cerita yang diadaptasi hanya sampai arc Greed Island. Pada versi ini juga, style grafis yang disuguhkan lebih klasik dan gelap.
Hunter x Hunter yang merupakan anime petualangan dan fantasi tentunya memiliki serangkaian teori yang sangat menarik untuk dibahas tiap arc-nya. Hunter x Hunter mengajarkan bagaimana kita mesti optimis dalam melakukan sesuatu, tiada kata mudah menyerah yang dapat mewakili kisah petualangan Gon sepanjang 148 episode untuk menemui ayahnya.

Sejak epilog pada episode 148 ditayangkan, penggemar berharap agar serial Hunter x Hunter dapat dilanjutkan mengingat cerita di komik yang masih berlanjut. Komik Hunter x Hunter sendiri sudah hiatus sejak tahun 2018 akibat kondisi kesehatan sang komikus yang buruk. Hal tersebut tentunya bukan menjadi alasan bagi kamu untuk melewatkan serial yang sangat bagus ini. Kamu dapat menyaksikan keseruan petualangan Gon, Killua, Kurapika, dan Leorio versi 2011 di platform streaming legal, seperti IQIYI secara gratis!

Redaktur: Wiranto Asruri Siregar

Related posts

Review Teluh: Film Horor yang ‘B’ Aja

redaksi

Kemeriahan Malam Puncak Duta Mahasiswa 2019 USU

suarausu

Looking Up, Kisah Pilu Dibalik Perjuangan Astronot Sukses

redaksi