SUARA USU
Kabar Kampus

IISMA 2024 Soft Launching Event: Peluncuran Portal Pendaftaran dan Sosialisasi Materi

Reporter : Diva Zia

Suara USU, Medan. Pada tanggal 2 Februari 2024, digelar acara ‘IISMA 2024 Soft Launching Event’ secara online. Acara ini dapat disaksikan melalui aplikasi Zoom dan kanal YouTube Kampus Merdeka. Soft Launching Event ini merupakan pembukaan resmi program IISMA 2024 yang telah membuka pendaftaran mulai dari tanggal 23 Januari hingga 14 Februari 2024 mendatang.

Selain sebagai pembukaan, acara ini juga menjadi momen peluncuran portal pendaftaran serta sosialisasi materi mengenai pelaksanaan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2024. Acara ini mendapatkan kata sambutan dan dihadiri oleh beberapa pemateri penting, termasuk Ketua program IISMA, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, serta Direktur Jenderal Pendidikan. Mereka memberikan panduan dan sosialisasi bimbingan teknis terkait portal pendaftaran IISMA 2024, dengan pemateri dari jalur sarjana dan jalur vokasi.

Ketua program IISMA, Dr. Rachmat Sriwijaya, menyampaikan harapannya untuk memperluas kemitraan dengan 30 negara, meningkatkan jumlah peserta dibandingkan dengan tahun 2023 lalu yang hanya memberangkatkan 1.984 mahasiswa dan harapannya menjadi 3.000 orang peserta maupun lebih untuk dapat mengikuti program IISMA pada tahun 2024 ini serta meluncurkan tiga track, termasuk dengan track afirmasi untuk mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi atau KIP-K yang bertujuan agar dapat memperluas kesempatan setiap mahasiswa yang ingin mengikuti program IISMA 2024.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan lebih lanjut mengenai manfaat dan kegiatan pada program IISMA. Mahasiswa yang mendapatkan kesempatan dalam mengikuti program IISMA 2023 mengungkapkan motivasi dan manfaat yang telah didapatkan kepada mahasiswa yang lolos program IISMA, “Motivasi terbesar aku buat dapat mengikuti IISMA itu karena dalam program ini aku bisa dapat international exposure selama aku S1, terus juga aku bisa memiliki kesempatan buat tinggal di negara yang walkable. Kalo benefit atau manfaat yang aku dapat selama mengikuti IISMA itu banyak banget, cuman yang sangat berkesan buat aku itu apa yang kita pelajari di sana bisa dikonversi jadi 20 SKS pas balik ke sini, dan juga benefit lainnya aku jadi punya relasi internasional” ucap Bagus Sultan Wibowo, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sumatra Utara yang mengikuti program IISMA 2023.

Beberapa pemateri pada acara ini memberikan panduan pendaftaran pada portal resmi dan memberikan penjelasan tentang proses registrasi agar peserta memahami dengan baik dan dapat menghindari kesalahan. Sesi tanya jawab juga diselenggarakan untuk memungkinkan peserta bertanya langsung kepada para pemateri. Acara ini ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, menandai kesuksesan Soft Launching Event IISMA 2024.

Redaktur: Yuni Hikmah

Related posts

Gagaskan Pusat Rehabilitasi Bagi Pasien Pecandu Narkoba, Tim PKM VGK USU Melaju ke PIMNAS 36 Tahun 2023 dengan Ide Toba Ecotherapy

redaksi

Adakan Open Recruitment, Ini Daya Tarik UKM Panahan USU

redaksi

PEMA FK USU Cegah Hepatitis dan Galakkan PHBS Lewat Aksi MABINA

redaksi