SUARA USU
Featured

Indonesia Meraih Peringkat Pertama Kategori Negara Paling Demawan Di Dunia!

Oleh: Nurseha

Suara USU, Medan. Indonesia merupakan salah satu negara di asia tenggara yang dikenal dengan keramahannya. Namun, siapa sangka baru-baru ini Indonesia dinyatakan dalam kategori negara paling dermawan di dunia. Berdasarkan laporan World Giving Index 2022 yang disusun dan diterbitkan oleh CAF (Charities Aid Foundation), Indonesia mendapat nilai sebesar 68 dari 100 persen dan menduduki peringkat 1 dari 119 Negara. Kita perlu mengapresiasi hal tersebut mengingat dari 10 negara yang dinobatkan sebagai negara yang paling dermawan di dunia yaitu, Indonesia, Kenya, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Myanmar, Sierra Leone, Kanada, Zambia, dan Ukraina, Indonesia meraih peringkat pertama kategori negara paling dermawan di dunia.

CAF merupakan yayasan yang bergerak di bidang amal dengan jangkauan global dan telah terintegrasi di Inggris. Dalam penilaiannya, setidaknya terdapat tiga dimensi yang diamati untuk menentukan peringkat tersebut, pertama kebiasaan dalam membantu orang asing, kedua, keinginan berdonasi, dan ketiga waktu yang dihabiskan sebagai sukarelawan. Secara berurutan, pada tiga dimensi ini, Indonesia menempati peringkat 76, 1, dan 1.

CAF melaporkan bahwa Indonesia menjadi negara paling dermawan sebanyak lima kali berturut-turut sejak 2018. Pada 2021, diperkirakan sebanyak 8 dari 10 orang Indonesia kerap berdonasi dan 6 dari 10 orang setidaknya pernah menghabiskan waktu sebagai sukarelawan.

Salah satu faktor yang memengaruhi kedermawanan Indonesia adalah ajaran agama sehingga mendorong masyarakat di Indonesia untuk saling membantu dengan memberi atau bersedekah. Hal inilah yang menjadi alasan tingginya nilai indeks Indonesia. Selain itu, adanya tradisi budaya yang berfokus pada masyarakat, seperti gotong-royong Indonesia. Budaya tersebut menyatukan orang-orang di saat kebutuhan meningkat, termasuk ketika dunia dilanda pandemi Covid-19.

Namun, selain faktor-faktor di atas. Kita juga tidak bisa menutup mata bahwa kedermawanan Indonesia juga dipengaruhi dengan keberhasilan para pegiat filantropi (nilai kemanusiaan). Khususnya filantropi islam yang menggalang, mengelola dan mendayagunakan donasi keagamaan juga ikut berkontribusi dalam pencapaian tersebut.

Lembaga Filantropi Islam, khususnya badan dan lembaga pengelola ZISWAF (Zakat, infaq, sedekah, dan wakaf) telah bermetamorfosis menjadi filantropi modern. Filantropi Islam ini mengembangkan strategi penggalangan sumbangan keagamaan secara konvensional dan digital, serta menerapkan standar pengelolaan donasi secara transparan dan akuntabel. Selain itu, banyak juga anak muda yang ikut tergerak dalam kegiatan filantropi ini.

Redaktur: Tamara Ceria Sairo

Related posts

Bagaimana Cara Pandang Remaja Terhadap Pancasila di Situasi Panas Saat Ini?

redaksi

Hobi Baca Buku? Ini 5 Aplikasi Baca Buku Gratis Favorit!

redaksi

Broo Coffe, Tempat Nongkrong yang Pas di Kantong Mahasiswa

redaksi