SUARA USU
Featured Life Style Opini

Ingin Berinvestasi Sekaligus Membangun Negeri? Yuk Kenali ORI dan SBN

Oleh : Boy Andreas Julius Sitorus

Suara USU, Medan. Investasi merupakan salah satu alternatif lain selain menabung. Dengan berinvestasi kita dapat memperoleh keuntungan melalui penempatan aset pada periode tertentu, dibandingkan menabung yang hanya stagnan bahkan tergerus inflasi. Investasi jauh lebih efektif, orang yang senang berinvestasi biasa disebut investor atau penanam modal.

Dikalangan anak muda dan millenial sekarang, hal ini sedang digemari karena banyaknya media dan platform yang mempermudah mereka untuk mempelajari investasi beserta resikonya. Hal ini juga semakin memudahkan para anak muda dan millenial yang suka kepraktisan.

Namun pernahkan terlintas dipikiran kalian? Bagaimana berinvestasi sambil berkontribusi untuk negeri? Ya hal ini benar–benar ada, yaitu dengan berinvestasi pada ORI (Obligasi Negara Ritel) atau SBN (Surat Berharga Negara), kedua hal ini merupakan instrumen investasi yang disediakan oleh negara dan dijamin 100 persen dapat sekaligus mendukung pembangunan nasional.

Salah satu contoh produk infrastruktur yang dibangun dari SBN atau Sukuk ritel negara adalah Jembatan Youtefa (Hotelkamp) yang berada di Papua, ini merupakan contoh yang luar biasa hasil dari sebuah investasi yang menguntungkan kedua belah pihak, yaitu kita sebagai nasabah dan pemerintah selaku otoritas pembangunan. Kita dapat merasakan hasil keuntungan investasi yang berbentuk aset dan fasilitas.

Inilah salah satu hal yang membuktikan bahwa untuk membangun negara tidak harus selalu melalui APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) atau membayar pajak, melainkan melalui partisipasi kita dalam berinvestasi pun dapat membangun negara. Dukungan kita kepada negara dapat kita rasakan melalui partisipasi kita.

Semua hal ini dapat terjadi melalui sinergi dan rasa kepercayaan kita pada negara, serta rasa untuk melek finansial yang juga menguntungkan kita dalam mengelola keuangan. Marilah kita mendukung serta berinvestasi pada negara agar kita dapat meningkatkan nilai ekonomi serta nilai nasionalime yang dapat kita rasakan hasilnya di kemudian hari.

Redaktur: Salsabila Rania Balqis


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Deep December, Perpisahan dan Patah Hati di Bulan Desember

redaksi

Duck Syndrome: Tampak Bahagia dari Luar Namun Nyatanya Tertekan

redaksi

Tugas Akhir Studi Lapangan, Penting atau Tidak?

redaksi