SUARA USU
Kabar Kampus

HIMIS dan KAMUS Harapkan Kongres Mahasiswa Dilaksanakan Tahun Ini

Reporter : Cristie Angkat dan Yandi Hasibuan

SUARA USU, Medan.  Desember 2021 lalu MPMU mengirim undangan melalui pesan singkat Whatsapp kepada Himpunan Mahasiswa Jurusan Se-Kawasan Fakultas Ilmu Budaya. Undangan ini diberikan untuk melakukan roadshow yang bertujuan untuk mensosialisasikan kongres mahasiswa. Pada saat perwakilan dari setiap Himpunan datang ke tempat undangan, tidak didapati satupun anggota MPMU yang hadir di tempat. Hal inilah yang membuat Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah menyerukan kekecewaannya terhadap MPMU melalui sebuah unggahan di akun instagram milik HIMIS.

Menanggapi hal tersebut Kelvin G. Sitorus menyatakan bahwa dirinya tidak dapat menghadiri roadshow tersebut dikarenakan sedang dirawat di rumah sakit, ungkapnya di salah satu media pers mahasiswa. Kevin Fadel Pangaribuan, selaku ketua umum HIMIS merasa kurang puas akan jawaban ketua MPMU tersebut. Ia mempertanyakan dimana anggota MPMU yang lainnya sehingga pada acara tersebut tidak ada satupun anggota MPMU yang berhadir.

“MPMU kan ga cuma ketuanya aja, ada komisinya, stafnya, anggota-anggotanya, kenapa satupun ga ada yang datang? Setidaknya mewakili ketua yang ga bisa hadir. Kalau gini kan kami mikirnya kami ga dianggap serius,” ucap Kevin.

Mahasiswa Ilmu Sejarah angkatan 2019 ini juga menganggap bahwa MPMU seperti mengejar waktu untuk melaksanakan Kongres Mahasiswa yang belum terlaksana.

”Seperti mengejar waktu gitu loh, sebentar lagi kan mau pemira, kenapa baru sekarang persiapan untuk kongres ini,” lanjut Kevin.

Kevin berharap Kongres Mahasiswa dapat dilaksanakan pada tahun ini, sebelum berakhirnya masa jabatan MPMU dan PEMA USU periode 2021/2022.

”Segera dibicirakan dan dipersiapkan mengenai kongres ini, dan dilaksanakan secepatnya,” tutup Kevin.

Disamping itu melalui akun instagramnya, Kelompok Aspirasi Mahasiswa Untuk Semua (KAMUS) juga menyampaikan keresahannya terhadap MPMU yang seharusnya mengawasi jalannya Pemerintahan Mahasiswa  (PEMA) USU dan melaksanakan kongres mahasiswa yang sampai detik ini belum terlaksana.

Ketua KAMUS, Fahrurrozy mempertanyakan tentang pengawasan yang seharusnya dilakukan oleh MPMU terhadap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PEMA USU. Seperti yang kita ketahui sangat banyak kegiatan maupun acara yang dilaksanakan oleh PEMA USU. Ia juga mengatakan dibutuhkannya transparansi dari setiap kegiatan dan acara tersebut.

”Setiap kegiatan itu dananya ga sedikit loh, bisa sampai ratusan juta, otomatis dengan banyaknya kegiatan yang ada, RAB nya itu ga terkontrol. Disinilah seharusnya MPMU menjalankan Tupoksinya, dengan menjalankan sidang komisi untuk merampingkan RAB tadi,” jelasnya.

Mahasiswa Aktif Ilmu Sejarah ini juga menambahkan jika adanya pelaksanaan sidang komisi ini, seharusnya MPMU melakukan klarifikasi bahwasanya sidang komisi telah terlaksana. “Setidaknya kalau ada ya coba diklarifikasi, kalau misalnya tidak ada, ya apa gunanya MPMU?” lanjut Fahrurrozy.

Ketua Umum KAMUS itu juga menambahkan bahwa Tata Laksana Organisasi (TLO) yang dipakai hingga saat ini sudah sangat usang, yang dimana TLO yang digunakan yaitu TLO 2009. Kongres Mahasiswa dari tahun ketahun juga tidak terlaksana hingga saat ini.

”Selain sebagai legislatif dan pengawas PEMA, MPMU kan juga membuat TLO untuk keberlangsungan organisasi di USU, karena TLO yang kita pakai itu sudah usang, sudah dari tahun 2009, dari tahun itu juga kongres belum terlaksana,” terangnya.

Fahrurrozy juga berharap untuk kedepannya, ketika berpolitik dikampus haruslah menjalankan tupoksi sebagaimana adanya serta memiliki kompetensi. “Setiap yang termasuk lingkup demokrasi kampus itu harus punya kompetensi dan menjalankan tupoksi yang berlaku. Jangan memanfaatkan politik demi meraup eksistensi. Percuma nanti di cv cuma buat nyemak,” tutupnya.

Redaktur: M. Wirayudha Azhari


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Dukung Transisi Energi Berkelanjutan, NRE FEST 2023 Sukses Digelar

redaksi

Pesona Indah dan Keragaman Budaya di Desa Siallagan

redaksi

Vakum Selama 4 Tahun, Porseni FISIP USU Kembali Digelar!

redaksi